Penyelesaian Struktur Kurikulum 2024 Program Studi Sarjana di Lingkungan Departemen Sistem Informasi FILKOM UB

Penyelesaian Struktur Kurikulum 2024 Program Studi Sarjana di Lingkungan Departemen Sistem Informasi FILKOM UB

Tiga Program Studi (Prodi) Sarjana di lingkungan Departemen Sistem Informasi (SI), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan rapat koordinasi Penyelesaian Struktur Kurikulum 2024 Untuk Prodi SI. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 15 Juli 2024 bertempat di The Shalimar Boutique Hotel Malang. Hadir pada kegiatan rapat koordinasi ini, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T., selaku Wakil Dekan bidang Akademik. Ir. Issa Arwani, S.Kom., M.Sc., Ketua Departemen SI, Ir. Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom., Sekretaris Departemen SI, Ir. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB., Ketua Prodi SI, Dr. Fajar Pradana, S.ST., M.Eng., Ketua Unit Jaminan Mutu (UJM), Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom., Staf Ahli UJM dan panitia kegiatan.

Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Prodi Sarjana Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) dan juga ketua pelaksana rapat koordinasi menyampaikan beberapa tujuan utama diadakan kegiatan ini. Pertama, untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri. Kedua, FILKOM UB memiliki komitmen memberikan education quality yang terbaik bagi stake holder. (https://prasetya.ub.ac.id/pti-filkom-ub-adakan-sosialisasi-pengarahan-implementasi-kurikulum-2024/). Ketiga, adanya integrasi antar mata kuliah sehingga beban studi mahasiswa menjadi lebih kecil, masuk akal, dan terbiasa untuk memecahkan masalah secara monodispiliner maupun interdisipliner.

“Penyelesaian struktur kurikulum di level departemen ini adalah bentuk pembenahan manajemen kurikulum di program studi yang dinaungi oleh Departemen Sistem Informasi. Kita mencoba kerangka kerja baru manajemen kurikulum supaya pengendalian kualitas kurikulum bisa lebih integratif, reliabel, sederhana, dan memiliki traceability yang baik ketika diaudit.”, jelas beliau. (rr)