FILKOM UB Adakan Praktisi Mengajar : Machine Learning in Industry

FILKOM UB Adakan Praktisi Mengajar : Machine Learning in Industry

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya (UB) menggelar kegiatan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Data Mining Program Studi Teknik Informatika diampu oleh Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom. tentang penerapan pembelajaran mesin untuk melakukan analisis data di bidang industri dalam Program Praktisi Mengajar (PM) Universitas Brawijaya. Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 24 April hingga 17 Mei 2024 yang diadakan secara daring. Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Yusuf Priyo Anggodo, S.Kom., M.Kom., seorang praktisi Data Scientist yang berpengalaman selama 6 tahun di bidang analisis data. Beliau memiliki latar belakang sebagai ahli matematika terapan, ilmuwan data, dan pembelajaran mesin, memiliki karir yang gemilang di berbagai perusahaan ternama seperti ilmuOne Data, Bukalapak, PT Bank Amar Indonesia, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Topik yang diangkat dalam kegiatan ini sangat relevan dengan perkembangan terkini dalam dunia industri, di mana analisis data menjadi isu krusial dalam konteks bisnis yang efektif dan efisien. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan praktis tentang pemahaman dan persiapan data, teknik-teknik pembelajaran mesin untuk mengolah data, pemilihan dan pembuatan model untuk menentukan prediksinya serta penentuan keputusan dari prediksi yang dihasilkan.

Acara ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa sebagai Analis Data dan Pembelajaran Mesin dengan mengimplementasikan keilmuan yang diperoleh dari Mata Kuliah Data Mining. Dengan pembelajaran langsung dari ahli yang berpengalaman, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman yang mendalam dan aplikatif mengenai penggunaan teknologi ini di dunia nyata, memperkaya kompetensi mereka untuk menghadapi tantangan industri di masa depan. (nga)