ORDIK ALPHA 2012 : Generasi Emas Generasi Pemberi Solusi

ORDIK ALPHA 2012 : Generasi Emas Generasi Pemberi Solusi

Orientasi Pendidikan Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (PTIIK UB) berlangsung meriah hari ini (31/8). Bertempat di Gedung Samantha Krida UB, Panitia ALPHA 2012 mempersiapkan acara ini dengan baik, dimana ini merupakan debut pertama PTIIK dalam menyelenggarakan penyambutan terhadap mahasiswa baru PTIIK 2012. Sebanyak 853 mahasiswa baru dari berbagai program studi mengikuti acara tersebut dengan meriah. Diawali dengan pengkondisian oleh panitia dari mahasiswa, Ir. Sutrisno, MT mengenalkan segenap jajaran pimpinan di PTIIK beserta tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Dalam paparannya, Ir Sutrisno, MT menjelaskan akan pentingnya membentuk kemandirian pola pikir dan motivasi diri untuk menyambut pesatnya era globalisasi, terlebih di dunia kerja saat ini. Ketatnya persaingan di industri TI menuntut institusi pendidikan tinggi untuk membimbing dan mengarahkan lulusannya agar memiliki daya saing dan kontribusi yang signifikan demi kemajuan bangsa Indonesia. “Tidak hanya kemampuan akademik dan kecerdasan yang dibutuhkan industri saat ini, namun kebutuhan attitude dan etos kerja yang baik juga menjadi tuntutan yang diperhitungkan dalam industri TI saat ini, terlebih di masa depan nanti” papar Ir. Sutrisno MT.

Tidak hanya Ketua Program, jajaran pimpinan PTIIK yang lain pun turut andil dalam acara ini. Ir Heru Nurwarsito, M. Kom selaku Wakil Ketua 1 Bid. Akademik banyak menjelaskan tentang sistem akademik di PTIIK. Beliau menekankan akan pentingnya visi perencanaan dalam mengambil dan menentukan arah perkuliahan agar nantinya mahasiswa dapat mengukur dan mengevaluasi diri, kemana dia akan terjun di keminatan-keminatan yang disediakan di PTIIK. Wakil Ketua 2 Bidang Administrasi dan Keuangan, Himawat Aryadita, ST., M.Sc menjelaskan akan alur pembiayaan perkuliahan di perguruan tinggi negeri dimana tidak hanya dari APBN, pembiayaan perguruan tinggi juga ditopang oleh PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang sebagian besar berasal dari SPP mahasiswa. Pada sesi kedua, banyak dipaparkan tentang proses belajar dan mengajar di PTIIK yang disampaikan oleh Sekretaris Program Studi Sistem Komputer, Adharul Muttaqin, ST., MT. mengenai etika dan pelayanan di perguruan tinggi, diisi oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi, Suprapto ST., MT dan Ketua Program Studi Informatika / Ilmu Komputer, Drs. Marji, MT

Kelancaran acara hari ini bukan berarti tiada kendala yang terjadi. Panitia sempat kerepotan dengan adanya kegiatan Ordik dari fakultas lain dan institusi pendidikan lain yang memasuki area Ordik PTIIK UB sehingga membuat acara sedikit terhambat. Juga ada sekitar 12 mahasiswa baru yang sakit sehingga tidak bisa mengikuti acara tersebut secara keseluruhan. A. Mardhatillah, selaku ketua pelaksana ALPHA 2012 (Anonim dari Ordik dan Ormawa PTIIK) menjelaskan kendala-kendala yang terjadi akan menjadi evaluasi bagi pelaksanaan Ormawa besok, sehingga diharapkan secara keseluruhan kegiatan ALPHA 2012 berjalan lancar dan sukses. ” saya selaku ketua pelaksana ALPHA 2012 merasa salut dan bangga dengan mahasiswa baru PTIIk 2012, meskipun hampir 75% dari mereka melakukan kesalahan, namun mereka mau mengakui dan memperbaiki kesalahan mereka, ini merupakan bentuk tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri, maupun terhadap orang lain sehingga diharapkan kelak mereka bisa membanggakan PTIIK kedepannya” papar mahasiswa TIF 2010 ini.