Departemen Teknik Informatika FILKOM UB dan XL Axiata menyelenggarakan Kuliah Tamu Early Career Journey: Mastering Data Analytics in Telecommunication Company

Departemen Teknik Informatika FILKOM UB dan XL Axiata menyelenggarakan Kuliah Tamu Early Career Journey: Mastering Data Analytics in Telecommunication Company

Malang, 6 Desember 2023 – Bertempat di Ruang Auditorium Algoritma Lantai 2 Gedung G Fakultas Ilmu Komputer, pada Sabtu, 2 Desember 2023 dilaksanakan kuliah tamu dengan tema Early Career Journey : Mastering data Analytic in Telecommunication Company.

Pada sambutan pembukaan kuliah tamu, Kasyful Amron, S.T., M.Sc., selaku ketua pelaksana menyampaikan kolaborasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) bersama XL Axiata Tbk. ini bermaksud memberikan gambaran tentang : (1) pasar tenaga kerja yang akan dihadapi oleh fresh graduate ke depan, (2) tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi komunikasi saat ini sudah begitu cepat dan massive, dan (3) beliau juga berharap. public-private partnerships ini memberikan keuntungan bagi ke dua belah pihak.

Narasumber dari pihak XL Axiata diwakili oleh : (1) Aztia Pertiwi Damukuto, (Head of Talent Acquisition), (2) Rizaldi Baharuddin, (Head of Rewards Management), dan (3) Fransdana Nadeak, (Data Scientist). Materi yang disampaikan oleh narasumber pada kesempatan kuliah tamu antara lain : (1) memberikan pengetahuan mengenai dunia kerja dan peran data scientist kepada mahasiswa, dan (2) memberikan gambaran employment opportunities di masa mendatang. Kegiatan berlangsung sangat lancar dan antusiasme peserta di luar ekspektasi panitia, bahkan sesi Q & A harus di batasi karena jumlah penanya melebihi jumlah merchandise yang disediakan pihak XL Axiata Tbk.

Pada sambutan penutup, Achmad Basuki, S.T., M.MG., Ph.D., selaku Ketua Departemen Teknik Informatika, menyampaikan kemajuan inovasi tidak dapat dibendung, tetapi kita harus mampu beradaptasi atau tergilas olehnya. Terakhir beliau menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya pada XL Axiata Tbk., yang bersedia knowledge sharing pada kesempatan kali ini, semoga program semacam ini dapat berlanjut kembali di tahun 2024. (rr/ds)