FILKOM UB Mengadakan Kuliah Tamu dengan tema User Experience (UX)

FILKOM UB Mengadakan Kuliah Tamu dengan tema User Experience (UX)

Malang, 25 Oktober 2023 – Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), Prodi Sistem Informasi mengadakan Kuliah Tamu topik User Experience (UX). Acara bertempat di Auditorium Algoritma Gedung G, lt. 2 pada 23 Oktober 2023 ini dibuka oleh Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB., selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi (SI).

Pada sambutan pembukanya, Yusi menyampaikan bahwa UX termasuk aspek penting dalam produk digital, seperti membuat website. Aspek ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna melalui desain yang ditampilkan. Harapan beliau semoga kuliah tamu yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi peserta yang mengikuti.

Menghadirkan Varrel Ilham Bramasta sebagai narasumber tunggal, expert di bidang UX Researcher, seperti Blibli.com, Tokopedia dan beberapa brand terkemuka. Dalam penyampaian materi, Varell menyampaikan beberapa hal : (1) Riset dilakukan untuk menghindari asumsi dalam pengembangan produk dan mengurangi resiko kegagalan produk. (2) Riset bertujuan untuk menemukan informasi baru dan pemahaman baru. Riset user juga bertujuan untuk memahami karakteristik dan perilaku pengguna. Riset user biasanya dilakukan dengan metode kualitatif dan diakhiri dengan metode kuantitatif. (3) Dalam pelaksanaan riset, apa yang dikatakan user belum tentu sejalan dengan apa yang mereka lakukan. Oleh sebab itu, tidak cukup hanya dengan bertanya kepada user, kita juga harus mengobservasi sendiri apa yang mereka lakukan. (4) Hal penting lainnya sebelum melaksanakan riset, penting untuk memahami apa tujuan riset dan menyusun pertanyaan riset. Ketika melakukan pengambilan data, penting untuk menjadi netral dan tidak mengarahkan jawaban. Jadilah pendengar yang baik. Terakhir, (5) Dalam proses analisis, penting untuk selalu berpikir kritis. [rr]