AGRISOLUTE: Internet of Things (IoT) Pertanian Padi Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya Siap Menghadapi Kompetisi P2MW Se-Indonesia

AGRISOLUTE: Internet of Things (IoT) Pertanian Padi Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya Siap Menghadapi Kompetisi P2MW Se-Indonesia

Malang, 13 Oktober 2023 – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam Tim Agrisolute merancang alat pemantau tanaman padi berbasis Internet of Things (IoT) dan aplikasi Agrisolute. Tim yang beranggotakan Satria Ari Wicaksono, Melinda Alfi Rosyidah, Taryza Apriliana, Hamdan Fuadi, dan Fahmi Noordin Rumagutawan di bawah bimbingan Prof. Dr. Eng. Fitri Utaminingrum S.T. M.T., mengusung inovasi baru alat pemantauan padi berbasis IoT yang dapat diakses secara jarak jauh dengan menggunakan aplikasi Agrisolute.

Tim Agrisolute merupakan salah satu tim yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam ajang kompetisi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Konsep IoT digunakan dalam sektor pertanian padi agar petani yang menggunakan bisa mengontrol dan memantau padi secara jarak jauh melalui aplikasi.

Alat pemantau padi dan aplikasi Agrisolute ini dikerjakan selama kurang lebih 6 bulan dan melibatkan berbagai disiplin keilmuan, seperti teknik komputer, teknik informatika, pertanian, dan ekonomi. Satria sebagai ketua tim menjelaskan bahwa alat pemantau padi dan aplikasi Agrisolute masih dalam tahap pengembangan guna menciptakan alat pertanian yang bisa membantu kondisi para petani di Indonesia saat ini. Satria juga menambahkan bahwa Agrisolute telah terdaftar pada Hak Cipta di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Diharapkan Agrisolute dapat membantu para petani padi, khususnya di daerah Singosari dalam mengontrol tanaman padi agar lebih maksimal saat dipanen. Untuk informasi lebih lengkap terkait pembelian dan layanan dari Agrisolute, dapat diakses pada akun Instagram resmi Agrisolute, yaitu @agrisolute.id. (drn)