Mengenal Lebih Dekat Kontingen FILKOM Juara GEMASTIK XVI 2023

Mengenal Lebih Dekat Kontingen FILKOM Juara GEMASTIK XVI 2023

Ajang GEMASTIK XVI (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) telah selesai dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) keluar sebagai juara umum. Namun, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) cukup berbangga karena 2 (dua) tim mendominasi di Divisi 4 kategori Desain Pengalaman Pengguna. Dua tim yang dibimbing oleh Ir. Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. berhasil memperoleh juara 1 dan juara 3, dimana juara 1 didapatkan oleh BCC Eras Tour dan juara 3 didapatkan Semesta.

Tim BCC Eras Tour yang beranggotakan mahasiswa Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021 yaitu  Aditya Nugraha Tarihoran (1); Nadila Zahro Aisyah (S2); dan Izzar Dienhaque Pranataputra (3) mengusung karya Gemilang, yaitu Aplikasi pencegahan stunting pada anak di daerah semi urban. Gemilang berfokus kepada 3 masalah utama yakni literasi, aksesibilitas, dan deteksi dini.

“Kita mengangkat topik stunting, yang mana stunting ini menjadi salah satu isu penting yang menjadi fokus utama pemerintah Indonesia,” terang perwakilan tim BCC Eras Tour.

BCC Eras Tour yang mendapatkan Juara 1 di Divisi IV kategori Desain Pengalaman Pengguna.
BCC Eras Tour yang mendapatkan Juara 1 di Divisi IV kategori Desain Pengalaman Pengguna.

Selain itu mereka menyampaikan bahwa minat mereka pada UI/UX menjadi dasar mengikuti ajang bergengsi mahasiswa di bidang komputer. Selain menambah pengalaman mengikuti kompetisi besar, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mendapatkan berbagai koneksi mulai dari dosen, kating dan alumni berprestasi serta beberapa peserta di ajang GEMASTIK XVI.

“Untuk kendalanya sendiri selama kita lomba ga ada, yang ada lebih ke tantangan untuk menyelesaikan lombanya sih, mulai dari proses untuk pencarian masalah yang mempunyai urgensi tinggi sampai dengan menghadirkan solusi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kenyamanan pengguna dalam menggunakan solusi tersebut yang kita deliver dalam bentuk aplikasi versi prototype,” tambahnya.

Selanjutnya tim Semesta yang mendapatkan juara 3 juga beranggotakan mahasiswa Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021 yaitu  Putu Ayu Anandagiri Chintya Kirana (1); Odilia Ning Intan Restu Hapsari (2); dan Ferdiansah Dwika Permana (3) yang memeliki karya EmergeX yaitu aplikasi Penanganan Pasien Gawat Darurat.

Tim Semesta yang berhasil memperoleh Juara 3.
Tim Semesta yang berhasil memperoleh Juara 3.

“Aplikasi EmergeX ini bertujuan untuk membantu dalam percepatan penanganan gawat darurat yang menghubungkan langsung antara pasien, pusat pelayanan ambulans, dan rumah sakit, sehingga pasien dapat segera mendapatkan penanganan medis,” jelas Putu Ayu.

Selanjutnya Ayu juga menjelaskan timnya mengikuti ajang GEMASTIK ini dikarenakan merupakan kompetisi yang sangat bergengsi di bidang TIK serta ingin mencoba mengembangkan produk yang berpotensi untuk dikembangkan secara nyata ke masyarakat. Ia juga memberikan beberapa motivasi kepada mahasiswa FILKOM, dimana harus berani keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan pengalaman yang berharga.

“Jangan takut untuk mencoba hal baru karena ingatlah bahwa masa muda cuma sekali seumur hidup maka perbanyaklah pengalaman yang bisa meningkatkan kualitas diri. Melalui kompetisi lah kita bisa saling bertukar ide, pengalaman, bahkan membangun circle yang bisa membuat diri kita berkembang.” Ujarnya.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa Tahun ini, GEMASTIK diikuti sejumlah 315 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan total 2.781 tim dari 11 divisi lomba. Setelah melalui babak penyisihan, tersaring 221 tim finalis dari 70 Perguruan Tinggi. Selain itu untuk juri lomba ada sekitar 33 orang juri. Prestasi yang didapatkan oleh kontingen FILKOM ini menempatkan Universitas Brawijaya di peringkat 5 besar juara umum GEMASTIK XVI 2023.[drn]