PTIIK UB Terima Kunjungan SMAN 1 Boyolangu

PTIIK UB Terima Kunjungan SMAN 1 Boyolangu

Rabu, 19 Desember 2012 Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya menerima kunjungan siswa dan guru dari SMA Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung (SMABOY). Kunjungan yang dilakukan 22 siswa dari kelas X dan kelas XII program akselerasi ini bertujuan untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai beberapa program studi yang ada di perguruan tinggi.

Andie Syahroel, Pejabat Pelaksana Program Cerdas Istimewa SMABOY yang juga ikut menjadi pendamping mengatakan bahwa kegiatan ini juga dilakukan karena adanya hibah program Cerdas Istimewa/ Berbakat Istimewa (CI/BI) dari DIKTI. Dengan adanya program hibah tersebut sekolah yang bersangkutan harus memiliki program melakukan kunjungan kampus untuk memberikan gambaran pada siswa terpilih agar memahami berbagai program studi yang ada diperguruan tinggi.

Suprapto, ST., MTRombongan SMABOY yang tiba di PTIIK langsung disambut oleh Drs. Marji, MT (Kaprodi Ilmu Komputer/Informatika) dan Suprapto, ST., MT (Kaprodi Sistem Informasi). Bertempat di Lab. Rekayasa Perangkat Lunak, kunjungan ini dibuka dengan sambutan dari Suprapto, ST., MT yang memberikan ucapan selamat datang dan kemudian dilanjutkan dengan memberikan gambaran umum mengenai PTIIK UB. Suprapto, ST., MT menyampaikan informasi mengenai sejarah berdirinya PTIIK UB, visi dan misi, struktur organisasi, tenaga dosen yang dimiliki, serta macam-macam Laboratorium yang ada di PTIIK UB.

Selain itu Drs. Marji, MT juga sempat menambahkan informasi mengenai perbedaan mendasar mengenai materi yang dipelajari di tiga program studi yang ada di PTIIK. Menurut Drs. Marji, MT Prodi Ilmu Komputer mempelajari tentang perekayasaan perangkat lunak seperti membuat aplikasi pemrograman. Sementara itu Prodi Sistem Komputer lebih mempelajari tentang hardware (perangkat keras) komputer. Untuk Prodi Sistem Informasi akan lebih difokuskan untuk mempelajari mengenai penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika, sehingga diharapkan para lulusannya dapat memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu sistem informasi bagi bidang-bidang yang membutuhkan.

“Jadi kalau yang suka belajar tentang hardware bisa masuk ke prodi Sistem Komputer, kalau yang suka aplikasi pemrograman bisa masuk Ilmu Komputer/ Informatika. Sementara kalo yang suka manajemen informasinya bisa masuk ke Sistem Informasi,” ungkap Drs. Marji, MT.

Drs. Marji, MT ditengah guru dan murid SMABOYSetelah mendapatkan gambaran umum tentang PTIIK UB seluruh perwakilan guru dan murid SMABOY yang hadir juga diberikan kesempatan untuk bisa melihat peragaan robot-robot buatan mahasiswa PTIIK UB. Selain itu perwakilan murid dan guru SMABOY juga mengunjungi lab. Game PTIIK UB dan ditunjukkan pula berbagai game karya mahasiswa PTIIK UB baik yang pernah menang tingkat nasional ataupun tidak.

Diakhir acara perwakilan guru SMABOY, Andie Syahroel menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PTIIK UB yang telah bersedia menerima dan memberi banyak informasi yang sangat bermanfaat untuk para muridnya. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada PTIIK UB yang sudah bersedia menerima kami dan memberi banyak ilmu dan info yang bermanfaat. Semoga ini bisa memberikan gambaran kepada anak-anak yang nantinya memang memiliki keminatan di bidang IT,” pungkasnya. (dna)