Suksesnya Workshop Merakit Personal Computer PTIIK UB

Suksesnya Workshop Merakit Personal Computer PTIIK UB

Workshop Merakit Personal Computer (PC) , hasil kerjasama Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya dengan Elitegroup Computer Systems (ECS), sukses digelar pada 8 – 9 Desember 2012. Muchammad Ali Fahmi, mahasiswa PTIIK UB angkatan 2010, sekaligus ketua pelaksana workshop mengatakan bahwa kuota awal jumlah peserta workshop adalah 200 orang. Akan tetapi, karena besarnya antusias masyarakat untuk belajar bagaimana cara merakit PC maka kuota peserta ditambah menjadi 240 orang.
“Rencana awal kita targetkan kuota maksimal peserta 200 orang dan pendaftaran maunya kita buka sampai hari pelaksanaan, supaya yang berminat bisa mendaftar on the spot. Tapi karena yang berminat banyak, walau kuota sudah kita naikkan jadi 240 orang, jumlah itu sudah terpenuhi sebelum hari H. Jadi kita terpaksa sudah tutup pendaftaran sejak H-2,” jelasnya.

Acara yang digelar selama dua hari ini dibagi dalam 4 sesi, dimana setiap harinya terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama digelar pukul 08.00 – 12.00 WIB, dan sesi kedua digelar pukul 13.00 – 17.00 WIB. Setiap sesi diikuti oleh 60 peserta yang berbeda. Semua peserta yang hadir dalam workshop ini mendapatkan berbagai informasi bermanfaat mengenai Motherboard Anatomy, serta mendapatkan kesempatan langsung untuk melakukan praktek Perakitan PC ECS – AMD FM1, dan melakukan Instalasi OS via USB Flashdisk dengan didampingi oleh para ahli dalam masing-masing bidang tersebut. Materi mengenai Motherboard Anatomy disampaikan oleh Denny Hendri (ECS Indonesia) dan praktek perakitan PC ECS – AMD FM1 dipandu oleh Al Fatah (ECS Indonesia). Sementara itu, Instalasi OS via USB Flashdisk disampaikan oleh Robby Awaludin dari Microsoft User Group Indonesia (MUGI) Malang.

Peningkatan jumlah peserta workshop ini juga otomatis berdampak pada meningkatnya jumlah kebutuhan akan stok perangkat PC yang tersedia untuk dirakit. Perangkat PC yang semula hanya disediakan 15 set untuk setiap sesi, akhirnya harus ditambah menjadi 20 set, sehingga setiap 1 set PC dapat dirakit oleh 1 grup yang terdiri dari 3 orang peserta.
“Semua peralatan yang dibutuhkan untuk praktek perakitan PC disiapkan langsung oleh pihak AB Promosindo yang ditunjuk sebagai Event Organiser oleh ECS. Rencana awal hanya akan memakai 15 set perangkat PC , tapi karena jumlah pesertanya membludak jadi PC yang disediakan ditambah menjadi 20 set. Dengan begitu per satu set PC bisa dikerjakan oleh tiga orang peserta,” jelas Fahmi.

Mengingat keberhasilan kegiatan workshop ini, maka panitia pelaksana berencana untuk melakukan kerjasama serupa di masa mendatang.
“Rencananya nanti kalau tahun depan pihak AB Promosindo menawarkan kegiatan lagi kita akan menerima. Atau juga untuk kita dari PTIIK sendiri nanti bisa ada prokernya untuk mengadakan workshop seperti ini lagi,” pungkas Fahmi. (dna)