62 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Alih Program (SAP) Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024

62 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Alih Program (SAP) Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) berhasil menyelenggarakan ujian Seleksi Alih Program (SAP) secara luring di Ruang Laboratorium Gedung G FILKOM pada Senin (31/7/2023). Program SAP ini merupakan jalur alih jenjang program Diploma (D3) ke program Sarjana (S1) yang diadakan sebagai upaya untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Proses pelaksanaan ujian melalui ujian CBT (Computer Based Test) dengan menggunakan 3 ruang Laboratorium Pembelajaran, diisi oleh pengawas dan teknisi di masing-masing kelas. Tercatat sejumlah 62 mahasiswa lulusan vokasi atau D3 yang terdaftar mengikuti ujian ini dari 330 peminat. Peserta ujian SAP juga tampak antusias dan siap menghadapi tantangan dalam upaya meningkatkan pendidikan mereka, ini dibuktikan seluruh peserta hadir dan datang 30 menit lebih awal sebelum ujian dilaksanakan.

“Tahun ini SAP FILKOM memiliki 330 peminat dari seluruh Indonesia tetapi 62 diantaranya telah menyelesaikan proses administrasi sehingga dapat melanjutkan ke tahap seleksi ujian,” terang Widhi Yahya, S. Kom., M.T., M.Sc., Ph.D. selaku ketua pelaksanaan ujian SAP.

Tes ujian CBT ini diselenggarakan dalam satu hari secara dua sesi yaitu sesi pagi untuk psikotes serta kemampuan akademik dan sesi siang untuk tes kemampuan bidang. Ujian dimulai pukul 08.00 WIB sampaidengan pukul 13.00 WIB. Ruang ujian juga disusun dengan penataan yang mengikuti protokol kesehatan, sehingga peserta bisa merasa aman dan nyaman selama menjalani ujian.

Widhi juga menambahkan bahwa kriteria penerimaan sama seperti tahun lalu, kelolosan peserta tidak hanya dilihat dari nilai ujian saja, akan tetapi terdapat filter dan penilaian tersendiri dari Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik yang dilihat dari profil mahasiswa seperti riwayat skripsi, masa studi sebelumnya seberapa lama, dan kacakapan dalam Bahasa Inggris. Harapannya dengan proses filter dengan menggunakan nilai ujian dan riwayat pendidikan sebelumnya yaitu mendapatkan calon mahasiswa yang berkompetan dan mampu dalam menyelesaikan studi yang telah ditentukan oleh FILKOM UB.

Suasana ujian SAP di salah satu ruang Laboratorium FILKOM
Suasana ujian SAP di salah satu ruang Laboratorium FILKOM

Ujian SAP ini merupakan salah satu bentuk komitmen FILKOM UB dalam mendukung pendidikan yang berkualitas dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi akademik mereka dengan melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Hasil ujian SAP ini diharapkan akan segera diumumkan, dan para peserta yang berhasil lolos akan dapat melanjutkan studi ke program S1 di FILKOM UB. Para mahasiswa yang tidak lolos juga tetap didorong untuk tetap bersemangat dan mencoba lagi di kesempatan lainnya. Semoga ujian SAP di FILKOM UB ini menjadi awal yang baik bagi para mahasiswa D3 yang ingin mengembangkan karier akademik dan profesional di bidang ilmu komputer. Selamat untuk semua peserta ujian dan semoga sukses dalam perjalanan pendidikan ke depannya.[drn]