FILKOM UB Fasilitasi Percepatan Kelulusan Bagi Mahasiswa Kritis

FILKOM UB Fasilitasi Percepatan Kelulusan Bagi Mahasiswa Kritis

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) telah mengambil langkah proaktif untuk memberikan dukungan lebih kepada mahasiswa kritis Melalui inisiatif terbaru, FILKOM UB berhasil memfasilitasi percepatan kelulusan bagi mahasiswa-mahasiswa ini dengan pendekatan efisien, termasuk pelaksanaan sidang atau seminar hasil yang lebih cepat dan terarah. Tahun ini mahasiswa kritis terdiri dari Angkatan 2016 dan mahasiswa SAP serta S2 angkatan 2019.

Dalam dunia akademis yang semakin kompetitif, beban tuntutan akademik dan persoalan pribadi seringkali menjadi faktor utama yang dapat menghadang kelulusan bagi sejumlah mahasiswa di FILKOM UB. Demi mengatasi masalah ini dan memastikan potensi akademik mereka tidak terbuang sia-sia, fakultas ini mengidentifikasi kelompok mahasiswa kritis atau rawan drop out dan menyediakan solusi yang tepat untuk mendukung mereka meraih kelulusan.

Salah satu upaya terpenting yang dilakukan FILKOM UB adalah mempercepat pelaksanaan sidang skripsi, yang merupakan tahap krusial dalam penyelesaian studi mahasiswa. Dalam beberapa tahun terakhir, proses sidang atau seminar hasil sering menjadi penyebab utama penundaan kelulusan mahasiswa, yang dapat berakibat pada ketidaksemangatan dan meningkatkan risiko tidak terselesaikannya studi. Pelaksanaan sidang dilaksanakan pertengahan Juli ini dan akan diakhiri saat penutupan akhir semester Genap TA 2022/2023.

Suasana ruang ujian saat pelaksanaan sidang skripsi
Suasana ruang ujian saat pelaksanaan sidang skripsi

Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT. menjelaskan pentingnya inisiatif ini dalam mendukung mahasiswa yang menghadapi kesulitan akademik.

“Kami percaya bahwa setiap mahasiswa berharga dan memiliki potensi untuk berkembang. Dengan inisiatif ini, FILKOM UB ingin menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa kritis agar dapat mencapai kelulusan dengan sukses. Kami berharap langkah-langkah ini akan meningkatkan tingkat kelulusan dan membawa dampak positif bagi masa depan akademik dan profesional para mahasiswa,” terangnya pada saat pendampingan.

Berbagai langkah konkret yang diambil FILKOM UB untuk mendukung mahasiswa kritis  mencapai kelulusan dimana pada awal Juli lalu fakultas telah melakukan pendataan. Secara proaktif akademik fakultas mengidentifikasi mahasiswa yang berada pada tahap kritis atau kesulitan menyelesaikan studi mereka. Dengan pemetaan ini, fakultas dapat memberikan perhatian khusus kepada kelompok ini dan memberikan bantuan tepat sasaran.

Selain itu fakultas juga memberikan sosialisasi dan pemahaman mengenai proses akademik dalam mencapai kelulusan dengan cara pendampingan, mentoring, dan konseling secara intensif. Fakultas menyadari pentingnya perhatian personal untuk membantu mahasiswa mengatasi masalah akademik maupun pribadi yang mungkin mempengaruhi kinerja mahasiswa.

Semoga upaya yang dilakukan oleh fakultas dapat berdampak positif bagi penyelesaian studi mahasiswa kritis, sehingga mahasiswa akan merasa didukung serta menciptakan peningkatan motivasi dalam penyelesaian tugas akhirnya. Diharapkan bahwa upaya ini akan terus dijaga dan ditingkatkan agar lebih banyak mahasiswa berbakat dan berpotensi dapat menyelesaikan studi mereka secara efisien dan sukses di FILKOM UB.[drn]