Pengukuhan Prof Fitri Utaminingrum, Profesor Kedua FILKOM Ciptakan Kursi Pintar Khusus Disabilitas

Pengukuhan Prof Fitri Utaminingrum, Profesor Kedua FILKOM Ciptakan Kursi Pintar Khusus Disabilitas

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dengan bangga mengumumkan pengukuhan seorang professor dari bidang Computer Vision. Prosesi pengukuhan dengan bangga dilaksanakan pada Senin (26/6/2023) di Gedung Samantha Krida.

Profesor yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, S.T., M.T dan tercatat sebagai profesor aktif ke-171 di UB serta ke 2 di FILKOM. Prof Fitri dikukuhkan bersama Prof. Dr. Dra. Sri Rahayu, M.Kes dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UB.

Prof. Fitri yang merupakan lulusan Universitas Kumamoto Jepang ini dalam orasi ilmiahnya mengusung inovasi dengan judul “Kursi Roda Pintar Multi-feature Berbasiskan Visi Komputer”, yaitu kursi roda pintar khusus untuk penyandang disabilitas.

Prof Fitri mengungkapkan bahwa salah satu jenis disabilitas yang paling umum adalah disabilitas fisik, yang mengacu pada keterbatasan atau hambatan pada kaki, tangan, atau keduanya yang bisa disebabkan oleh kelainan bawaan atau cedera. Oleh karena itu beliau, terinspirasi untuk membuat inovasi kursi roda pintar ini.

“Perlu upaya untuk mengembangkan kursi roda yang inklusif dan mudah dioperasikan. Keamanan kursi roda juga perlu dievaluasi karena sering terjadi kecelakaan terkait penggunaan kursi roda,” terang Prof. Fitri.

Melalui beberapa fase panjang dan penyempuraan. Dimulai dari penciptaan kursi roda generasi pertama hingga kedua, Kini, dirinya mantap memperkenalkan kursi roda generasi ketiga. Generasi ketiga sudah mulai minimalis, tapi kelemahannya masih menggunakan jok yang ada di kursi roda umumnya.

“Ada 9 Fitur yang saya ciptakan, yaitu fitur remote, fitur pergerakan kepala, fitur pengenalan suara, fitur bola mata, fitur semi otonom, deteksi tangga, human following, dan fitur road surface detection,” lanjutnya.

Fitur remote berfungsi jika user menuju ke suatu tempat, tidak diperlukan lagi cukup kontrol dengan mobile phone. Jadi bisa dikendalikan dari jarak jauh. Terkait fitur pergerakan kepala, dapat digerakkan navigasi dengan kepala ke kanan atau ke kiri. Pergerakan bola mata, digunakan navigasi dengan mata. Fitur pengenalan suara fungsinya untuk menangkap suara pengguna. Deteksi tangga turun dan tangga naik untuk pengguna kursi roda yang terkadang gagal menangani hal itu. Human following nantinya kursi roda ini tidak perlu didorong, jadi bisa mengikut navigator yang ada di depannya.

Keunggulan kursi roda pintar ini memiliki kemampuan manuver yang baik dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Fitur pada kursi roda pintar menerapkan algoritma Deep Learning untuk mendapatkan hasil akurasi maksimal dan waktu komputasi yang cepat.

Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. memuji karya inovasi kursi roda pintar karya Prof. Fitri. Beliau menyampaikan bahwa karya dari kedua profesor yang dikukuhkan menunjukkan terjadi peningkatan dalam hilirisasi dan komersialisasi produk hasil penelitian dengan kualitas yang baik. Penelitian dari dua profesor ini dapat diaplikasikan dalam dunia industri dan masyarakat secara luas.

Pengukuhan Prof. Fitri sebagai profesor diharapkan akan memperkuat reputasi FILKOM UB sebagai pusat keunggulan ilmu komputer di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Prof. Fitri juga berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu komputer guna menjawab tantangan masa depan yang semakin kompleks.[drn]