FILKOM Membuka Kesempatan Mahasiswanya Untuk Menjadi Student Employee

FILKOM Membuka Kesempatan Mahasiswanya Untuk Menjadi Student Employee

Kamis (15/6/2023) FILKOM UB menggelar sosialisasi kepada para mahasiswa mengenai program Student Employee tahun 2023. Kegiatan dini dilaksanakan secara daring dan menghadirkan Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT; Sekretaris Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM), Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd. dan para audience yang merupakan mahasiswa FILKOM.

Herman menyampaikan bahwa sebagian besar mahasiswa FILKOM memiliki bakat serta talenta yang dapat disalurkan di unit kerja yang ada di FILKOM.  Selain mendapatkan pengalaman kerja, tentunya mahasiswa yang terpilih juga akan mendapatkan reward baik dalam honorarium maupun pengakuan PKL bahkan dapat diakui ke MBKM 20 SKS

“Student Employee ini merupakan program yang sudah berjalan beberapa tahun di FILKOM, dimana bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan dunia kerja di fakultasnya dengan di setiap unit yang ada di FILKOM,” jelas Herman.

Herman Tolle saat menjelaskan program Student Employee kepada mahasiswa yang hadir
Herman Tolle saat menjelaskan program Student Employee kepada mahasiswa yang hadir

Rekruitmen Student Employee ini sekaligus menjadi pendataan kepada mahasiswa FILKOM yang memiliki bakat, sehingga nantinya FILKOM juga dapat menempatkan para mahasiswanya ke industri-industri atau perkantoran saat magang sesuai dengan keminatan dan bakatnya.

Herman menambahkan bahwa program ini dapat dilaksanakan selama liburan semester sehingga tidak mengganggu proses perkuliahan atau juga dapat dilakukan di semester depan. Selanjutnya manfaat yang didapatkan mahasiswa nantinya selain meningkatkan softskill, hardskill, menambah pengalam kerja juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih dekat mengenal dosen dan tenaga kependidikan di FILKOM.

Beberapa lowongan yang dibuka oleh FILKOM dalam program Student Employee
Beberapa lowongan yang dibuka oleh FILKOM dalam program Student Employee

Herman juga menjelaskan program pemberian pekerjaan paruh waktu kepada mahasiswa dalam suatu proses atau jenis tugas tertentu dapat menanamkan nilai kemandirian, dan membentuk sikap serta perilaku mahasiswa untuk mendukung terwujudnya capaian pembelajaran yang ditetapkan.

FILKOM sendiri menetapkan dua skema dalam program Student Employee ini dimana yang pertama skema PKL dengan masa waktu selama 3  bulan dengan total 20 jam kerja selama seminggu (5 jam perhari). Kedua skema magang dengan masa waktu 5 bulan dengan total 20 jam kerja selama seminggu. Kegiatan ini berlangsung secara interaktif dengan banyaknya mahasiswa yang bertanya kepada Herman Tolle mengenai lebih detil pelaksanaan program Student Employee.[drn]