Audiensi Daring Bersama Orang Tua/Wali Mahasiswa Departemen Sistem Informasi Angkatan 2016 Dan Mahasiswa SAP Angkatan 2019

Audiensi Daring Bersama Orang Tua/Wali Mahasiswa Departemen Sistem Informasi Angkatan 2016 Dan Mahasiswa SAP Angkatan 2019

Departemen Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (DSI FILKOM UB) kembali mengadakan kegiatan pendampingan bersama dengan orang tua/wali mahasiswa jenjang S1 angkatan 2016 dan mahasiswa Seleksi Alih Program (SAP) Angkatan 2019 pada Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI); Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) serta Teknologi Informasi ( Prodi TI)  dalam rangka evaluasi menjelang batas masa studi pada hari Sabtu (15/4/2023).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dilakasanakan secara daring melalui Zoom dan dihadiri oleh Ketua Departemen Sistem Informasi (DSI), Issa Arwani, S.Kom, M.Sc. dan seluruh Ketua Program Studi di lingkup DSI. Sedangkan untuk audiensi berjumlah 43 partisipan yang terdiri dari orang tua/wali mahasiswa dan mahasiswa yang bersangkutan.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Ketua Jurusan Sistem Informasi yaitu Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. Issa menjelaskan, banyak hal yang akan disampaikan dalam kegiatan audiensi ini, terkait laporan akademik yang secara khusus akan berkaitan erat dengan status skripsi dari mahasiswa

“Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu menciptakan konsolidasi pendampingan bersama untuk para mahasiswa dengan melibatkan dosen, unit konseling serta peran dari bapak/ibu orang tua untuk memantau perkembangan pengerjaan skripsi agar dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” jelas Issa.

Issa juga menambahkan bahwa keterlibatan orang tua mahasiswa disini untuk memberikan pengawasan kepada mahasiswa ketika dirumah karena pihak fakultas juga kesulitan jika mahasiswa tidak pernah datang ke kampus, sehingga nantinya akan ada grup whatsapp tersendiri bagi orang tua mahasiswa dengan pihak akademik fakultas agar dapat memantau progress pengerjaan skripsi mahasiswa bersangkutan.

Pada bulan Mei dan (akhir) Juni nantinya mahasiswa akan diwajibkan selalu hadir di kampus untuk mengerjakan skripsinya. Issa menyampaikan bahwa kebijakan ini ditujukan agar skripsi lebih cepat selesai sesuai dengan deadline yang ditentukan. Bagi mahasiswa yang sudah bekerja diharapkan dapat menyesuaikan jadwalnya.

Selanjutnya penjelasan mengenai konseling disampaikan oleh Wiwin Lukitohadi, S.H., S.Psi., CHRM., MM. yang memberikan wejangan kepada orang tua mahasiswa serta motivasi kepada para mahasiswa yang hadir. Proses bimbingan konseling di FILKOM saat ini sudah dapat melalui apps. Jika ada permasalahan atau kendala diluar kendala akademik yang dihadapi mahasiswa dapat menyampaikan keluh kesahnya pada unit konseling FILKOM agar pihak fakultas juga dapat memberikan masukan serta bantuan kepada mahasiswa.

Saat ini, kampus memberikan pelayanan berupa bimbingan konseling untuk dapat menjadi wadah dalam merangkul mahasiswa. Tidak lupa perlunya kerjasama dan komunikasi yang baik serta proaktif dari pihak kampus dengan orang tua mahasiswa dalam proses study putra putrinya. Mahasiswa juga dihimbau untuk membuka diri kepada orang tua dalam segala hal, karena masalah yang dipendam diri sendiri akan merambat ke proses study.[drn]