Delegasi Google Solution Challenge FILKOM Tuntas Jalani Bimbingan Intensif Selama Empat Pekan

Delegasi Google Solution Challenge FILKOM Tuntas Jalani Bimbingan Intensif Selama Empat Pekan

Delegasi FILKOM yang akan diikutsertakan dalam Google Solution Challenge (GSC) 2023 diberikan kesempatan mengikuti bimbingan intensif selama empat pekan untuk memaksimalkan persiapan dalam menghadapi ajang kompetisi tingkat internasional tersebut. Bimbingan intensif dilaksanakan tanggal 24 Februari – 24 Maret 2023 bertempat di gedung F lantai 3 FILKOM UB. Total terdapat 120 mahasiswa dari 30 tim yang mengikuti bimbingan ini. Sementara itu dosen yang dilibatkan sebagai pembimbing sejumlah 10 orang.

Disampaikan oleh Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. selaku Faculty Advisor GSC UB bahwa pembimbingan ini merupakan kegiatan pembinaan terarah dari dosen FILKOM untuk tim yang dirancang dengan target capaian khusus sesuai dengan kriteria penilaian GSC. Bimbingan dilakukan dalam empat tahapan aktivitas yang dibagi dalam empat minggu.

“Dengan adanya bimbingan ini, diharapkan dapat membantu peserta dalam mempersiapkan produk yang akan diikutsertakan dalam GSC 2023 nanti. Dengan produk yang lebih matang kami juga berharap bisa dapat hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelas Komang.

Pada minggu pertama aktivitas difokuskan pada finalisasi permasalahan dan ide, dengan output yang dihasilkan berupa desain versi final dan dokumentasi di git. Pekan kedua, aktivitas berupa finalisasi desain Minimum Viable Product (MVP), dengan output yang dihasilkan berupa MVP yang sudah terselesaikan dan adanya rancangan video demo. Pada pekan ketiga aktivitas berupa finalisasi implementasi MVP dan proposal, dengan output yang dihasilkan produk dan video demo siap Submit (git Repo). Dalam pekan keempat aktivitas difokuskan pada finalisasi dokumen dan video, serta pengumpulan karya, mengingat pendaftaran dan pengumpulan karya paling lambat tanggal 31 Maret 2023.[dna/drn]