Sosialisasi Topik Skripsi Keilmuan Teknik Komputer

Sosialisasi Topik Skripsi Keilmuan Teknik Komputer

Program Studi Teknik Komputer (Prodi Tekkom) bersama Laboratorium Robotika dan Embedded System menyelenggarakan Sosialisasi Penawaran Topik Skripsi bagi mahasiswa Prodi Tekkom Angkatan 2019 dan 2020 pada Rabu (08/02/2023) secara daring. Kegiatan ini menghadirkan Ketua Prodi Tekkom, Barlian Henryranu Prasetio, S.T. ,M.T., Ph.D; Ketua Lab Robotika, Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., Ph.D dan dihadiri sekitar 80 partisipan.

Paparan pertama disampaikan oleh Barlian dimana menyampaikan mengenai kelayakan skripsi dari keilmuan ilmu komputer. Kegiatan penawaran topik skripsi ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan prodi untuk memfasilitasi dan mempermudah para mahasiswa menentukan topik skripsi.

“Lebih dari 50% mahasiswa Angkatan 2019 sudah lulus. Di satu sisi untuk semester ini ada 91 mahasiswa yang entry skripsi di filkomapps. Harapannya dari 91 mahasiswa tersebut akan tepat waktu menyelesaikan skripsinya.  Jangan terlalu lama mengerjakan skripsi agar tidak memunculkan kemalasan ketika angkatan bertambah tua, biasanya seperti itu,” ujar Barlian.

Barlian juga menjelaskan bahawa keilmuan teknik komputer lebih cenderung pada implementasi hardware, berfokus pada alatnya daripada laporannya. Nantinya mahasiswa akan mendapat topik dari dosen dan dipersilahkan untuk berinovasi pada topik tersebut, jika tidak berhasil menemukan metode dapat langsung dilaporkan pada dosen pembimbing.

“Jangan takut akan mengerjakan skripsi, jangan takut gagal karena kebanyakan jika sudah p2 faktanya 100% akan lulus yang membedakan hanya dari segi nilai,” imbuhnya.

Menurut Barlian, skripsi adalah karya dari mahasiswa dosen hanya memberikan masukan dan membimbing. Nantinya mahasiswa dituntut untuk berinovasi dari karyanya sesuai dengan panduan dari dosen pembimbing. Walaupun tekom berfokus pada produk alat, jangan berasumsi untuk selalu membuat alat karena skripsi terbagi menjadi dua macam yaitu implementatif dan non implementatif, terpenting mahasiswa dapat menemukan solusi dari sebuah masalah yang terjadi di kehidupan nyata.

Dalam kegiatan ini Barlian juga mengenalkan dosen-dosen yang berhombase di Prodi Tekkom beserta bidang keilmuannya, sehingga para mahasiswa dapat mengenal lebih dekat dan dapat mengetahui bidang ilmu mana yang sesuai dengan topik skripsi yang akan diambil.

Selanjutnya adalah perkenalan dari Laboratorium Robotika dan Embedded System yang dikenalkan oleh Edita. Laboratorium ini merupakan satu-satunya laboratorium perangkat keras di FILKOM UB. Fokus utama dari laboratorium ini yaitu mendesain dan mengimplementasikan robotika dan sistem tertanam pada Humanoid robot, Wheeled robot, Armed robot, Legged robot, Aerial robot, Bioinformatics dan Agriculture. Edita menyampaikan bahwa laboratorium ini menawarkan 4 topik besar diantarannya Mobile Robotics & Quadcopter; Bioinformatics Engineering; IoT Embedded Devices and System; dan Disaster Management.[drn]

Untuk materi dari Kaprodi Tekkom dapat di unduh disini (download)

Panduan singkat mengenai penulisan skripsi dapat di unduh disini (download)

Pendataan Topik Skripsi Keilmuan Teknik Komputer dapat melalui link berikut https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScUCZK2gzR9zKWxfY85moffC2GscLIbCEUv4JQqkZoJGUtiOw/viewform