Prodi TI Selenggarakan Penjaringan Madani Untuk Penawaran Topik Skripsi Bagi Mahasiswa

Prodi TI Selenggarakan Penjaringan Madani Untuk Penawaran Topik Skripsi Bagi Mahasiswa

Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan Penjaringan Madani dimana dosen bertujuan untuk membantu memberikan topik dan judul skripsi bagi mahasiswa Prodi TI. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua minggu  (8 sampai 15 Agustus 2022) secara daring.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Teknologi Informasi (Kaprodi TI), Ir. Widhy Hayuhardhika N P, S.Kom., M.Kom. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan untuk melakukan pembahasan topik skripsi serta diseminasi tentang topik yang akan ditawarkan kepada mahasiswa TI. Diharapkan para dosen di Prodi TI menjadi narasumber terkait kegiatan diseminasinya.

“Kita perlu menyusun dan melakukan evaluasi terkait permasalahan skripsi yang ada di prodi TI. Targetnya untuk mahasiswa angkatan 2019 dan 2018 serta Angkatan sebelumnya yang masih tersisa khususnya yang masuk di fase kritis (2016 dan 2017),” jelas Widhy.

WIdhy juga menjelaskan, bahwa sebagai dosen pembimbing akademik juga harus mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para mahasiswanya, baik itu permasalahan mengenai studinya atau ada masalah dari luar seperti permasalahan keluarga sehinggan factor-faktor tersebut yang menjadi penghambat mahasiswa dalam pengerjaan skripsinya.

“Penelitian skripsi mahasiswa juga saya harapkan selaras dengan topik-topik pengabdian atau riset/penelitian yang bapak/ibu kerjakan sehingga terjadi kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa sesuai dengan IKU dan kebutuhan akreditasi,” imbuhnya.

Selanjutnya Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D. menjelaskan mengenai substansi skripsi di FILKOM dan Prodi TI. Skripsi diartikan sebagai kombinasi antara pembelajaran riset dan tugas akhir (capstone project) dimana sebagian besar perguruan tinggi menjadikan skripsi sebagai tugas akhir sebelum kelulusan. Harapannya dengan mahasiswa mengerjakan skripsi yaitu mengetahui permasalahan umum yang terjadi di kehidupan nyata serta memberikan solusinya dengan metodologi-metodologi yang ada.

“Skripsi sebagai puncak tugas mahasiswa sebelum kelulusan. Selain itu skripsi juga bertujuan untuk mengasah keterampilan praktis sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Sehingga kita sebagai dosen juga berkewajiban untuk mengarahkan dan memberikan topik-topik skripsi yang baik dan juga berbobot untuk mahasiswa ambil,” terang Ismiarta.

Kegiatan ini dilanjutkan oleh diskusi oleh para dosen TI dan dihadiri juga oleh Ketua Departemen Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. Beliau menjelaskan untuk topik UI/UX perlu ada pendalaman dari para dosen kepada mahasiswa dikarenakan banyak lapangan pekerjaan di bidang komputer saat ini yang membutuhkan lulusan yang ahli di bidang UI/UX. Saat ini UI/UX dirasa dapat menggantikan proses analisis kebutuhan sehingga para dosen dan mahasiswa tidak ketinggalan dalam bidang ilmu yang saat ini banyak dibutuhkan.[drn]