GEMASTIK XV Sukses Terselanggara di FILKOM UB

GEMASTIK XV Sukses Terselanggara di FILKOM UB

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XV tahun 2022 pertama kali diselenggarakan di Universitas Brawijaya (UB). UB sendiri menunjuk Fakultas Ilmu Komputer untuk menjadi tuan rumah babak Final Gemastik XV. Pada tahun ini GEMASTIK digelar untuk ke-15 kalinya dengan tema “TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Pengumuman pemenang diselenggarakan Kamis (24/11/2022) di Auditorium Algoritma FILKOM dimana seminggu sebelumnya para peserta sudah mengikuti babak final di ruangan yang telah disediakan oleh FILKOM UB.

Gemastik XV diikuti oleh 224 tim dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kepala BPTI sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, mengutarakan pentingnya pembentukan komunitas alumni Gemastik sebagai wadah pengembangan talenta mahasiswa terbaik Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Melalui Gemastik, generasi muda Indonesia diharapkan mampu mengasah empati diri sebagai bagian dari masyarakat intelektual yang berkontribusi positif memberikan solusi inovatif dari beragam permasalahan yang ada,” ujar Asep dalam acara penutupan Gemastik.

Setelah melewati penilaian yang panjang, Dewan Juri menetapkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai juara umum Gemastik XV tahun 2022. Sedangkan untuk FILKOM sendiri salah satu tim yang dibimbing oleh Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A. yaitu tim BrawiGiant memperoleh juara 3 dalam kategori Pengembangan Bisnis TIK (Divisi 11).[drn]

Daftar Lengkap Pemenang Gemastik 2022

Divisi 1 Pemrograman

Juara Pertama : Pick A Team Name For Me (Universitas Indonesia)

Juara Kedua : Sqrt9gag (Universitas Indonesia)

Juara Ketiga : Gemastim (Universitas Bina Nusantara)

Juara Harapan : Osn Susah (Universitas Bina Nusantara)

Divisi 2 Keamanan Siber

Juara Pertama : 2 Kating 1 Dicarry (Universitas Indonesia)

Juara Kedua : No Rush n Relax (Institut Pertanian Bogor)

Juara Ketiga : Anak Kemaren Sore (Institut Pertanian Bogor)

Juara Harapan : Halo Dek (Unversitas Muhammadiyah Surakarta)

Divisi 3 Penambangan Data

Juara Pertama : Menambang Emas (Institut Teknologi Bandung)

Juara Kedua : SemogaSukses (Universitas Indonesia)

Juara Ketiga : Three Neurons (Universitas Indonesia)

Juara Harapan : Aurora (Institut Teknologi Bandung)

Divisi 4 Pengalaman Pengguna

Juara Pertama : Cipher (Universitas Bina Nusantara)

Juara Kedua : Si Paling UX (Universitas Indonesia)

Juara Ketiga : Reveluv (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Juara Harapan : Gemastik Developer Student Clubs (Universitas Islam Indonesia)

 

Berikutnya : Divisi 5 Animasi

Juara Pertama : Marmalade (Institut Seni Indonesia Surakarta)

Juara Kedua : DNM Berkah (Institut Teknologi Bandung)

Juara Ketiga : Wijaya Rupa (Institut Teknologi Sepuluh November)

Juara Harapan : Clover (Institut Seni Indonesia Surakarta)

Divisi 6 Kota Cerdas

Juara Pertama : Fiture (Institut Teknologi Sepuluh November)

Juara Kedua : Outliers Team (Institut Teknologi Sepuluh November)

Juara Ketiga : Pholeos (Institut Teknologi Sepuluh November)

Juara Harapan : Radiant (Institut Pertanian Bogor)

Divisi 7 Karya Tulis Ilmiah

Juara Pertama : Naraya (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Juara Kedua : The A Team (Universitas Sebelas Maret)

Juara Ketiga : Sapu Jagad (Institut Teknologi Sepuluh November)

Juara Harapan : WeCare UP (Universitas Pertamina)

Divisi 8 Pengembangan Perangkat Lunak

Juara Pertama : NTS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Juara Kedua : Tim Zeto SIMP (Universitas Negeri Yogyakarta)

Juara Ketiga : Unexpected (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya)

Juara Harapan : Red (Institut Teknologi Sepuluh November)

Berikutnya : Divisi 9 Piranti Cerdas, Sistem Benam, dan IOT

Juara Pertama : The Inventors (Institut Teknologi Calvin)

Juara Kedua : SIPEJAM (Universitas Andalas)

Juara Ketiga : Sensamakara (Universitas Indonesia)

Juara Harapan : BikeBikeAja (Institut Teknologi Sumatera)

Divisi 10 Pengembangan Aplikasi Permainan

Juara Pertama : IHateNamingThings (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya)

Juara Kedua : Kecubung Studio (Institut Teknologi Bandung)

Juara Ketiga : CREDUCENT (Universitas Telkom)

Juara Harapan : Ganesha Game 01 (Universitas Pendidikan Ganesha)

Divisi 11 Pengembangan Bisnis TIK

Juara Pertama : TEKTRA (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya)

Juara Kedua : SineasHub (Universitas Negeri Yogyakarta)

Juara Ketiga : BrawiGiant (Universitas Brawijaya)

Juara Harapan : Kangs Creative (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya)

Sementara itu terdapat penghargaan non-medali di ajang Gemastik 2022 ini, yaitu:

Lomba Poster

Juara Pertama : Algo Sibo (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya)

Juara Kedua : Naraya (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Juara Ketiga : Marmalade (Institut Seni Indonesia Surakarta)

The Most Inspiring Team

Tim Bravo Risti UNG (Universitas Negeri Gorontalo)

Tim IoTInstiki2 (Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia