Pemanfaatan MoodleBox Berbasis Raspberry Pi Pada Komunitas Konservasi Mangrove Di Sumbermanjing Wetan

Pemanfaatan MoodleBox Berbasis Raspberry Pi Pada Komunitas Konservasi Mangrove Di Sumbermanjing Wetan

Dalam rangka menunaikan salah satu unsur Tri-Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Kelompok dosen yang beranggotakan Ari Kusyanti, S.T., M.Sc., Ir. Primantara hari Trisnawan, M.Sc., dan Kasyful Amron, S.T., M.Sc., serta diketuai oleh Fariz Andri Bakhtiar, S.T., M.Kom. ini berupaya memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan MoodleBox berbasis Raspberry Pi kepada masyarakat komunitas konservasi mangrove di daerah Malang Selatan. Program pengabdian ini juga melibatkan mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Komputer, antara lain Gabrielle Evan Farrel dan Ifadatul Khoiroh.

Semenjak pandemi COVID-19 melanda, edukasi kepada masyarakat awam yang kerap dilakukan oleh komunitas konservasi mangrove pun turut menyesuaikan diri dengan diselenggarakan secara blended (tatap muka dan jarak jauh), dengan memanfaatkan konsep Massive Open Online Course (MOOC). Hanya saja, lokasi edukasi yang jauh dari perkotaan mengakibatkan sering munculnya kendala untuk terkoneksi dengan jaringan internet. Maka, diharapkan platform khusus yang menggunakan server portabel tanpa ketersambungan secara kontinu dengan jaringan internet dapat membantu agar proses edukasi daring di area terpencil tetap dapat terlaksana dalam lingkup jaringan lokal.

“Server portabel yang dikembangkan dapat melakukan sinkronisasi data dahulu dengan server utama melalui internet. Setelah itu, server portabel dapat dibawa ke daerah terpencil dan berperan sebagai perangkat pembelajaran dalam jaringan lokal tanpa memerlukan ketersambungan dengan jaringan internet,” terang Fariz.

Rangkaian kegiatan pengabdian ini diawali dengan survei permasalahan yang dihadapi oleh Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna sebagai mitra. Setelahnya, dibangun sistem MoodleBox berbasis Raspberry Pi yang dapat dimanfaatkan sebagai server portabel. Modul praktik yang berisi penjelasan tentang pengenalan dan pengoperasian MoodleBox juga disusun, untuk kemudian digunakan dalam pelatihan bagi mitra yang diselenggarakan pada Sabtu (17/9/2022) di Sekretariat CMC Tiga Warna, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pelatihan dibuka oleh Ketua Grup Riset Jaringan Berbasis Informasi, Achmad Basuki, S.T., M.MG., Ph.D. Bagian utama pelatihan ini terdiri atas dua sesi, yaitu Pengenalan MoodleBox dan Pengoperasian MoodleBox. Setelah mengisi daftar hadir, para peserta secara antusias mengikuti pelatihan berformat interaktif yang disampaikan oleh tim dosen dan mahasiswa. Pada akhir acara, para peserta diarahkan mengisi kuesioner, kemudian perangkat MoodleBox diserahkan kepada Lia Putrinda Anggawa Mukti selaku Ketua Komunitas Konservasi.

Berdasarkan kuesioner yang telah dibagikan, kegiatan pelatihan ditanggapi secara positif oleh para peserta. Diharapkan program Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat berdampak positif dan turut berkontribusi dalam keberlangsungan proses edukasi masyarakat, khususnya terkait konservasi di Malang Selatan.[frz/drn]