Web Responsif UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Pemerintahan Desa Ngijo, Karangploso

Web Responsif UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Pemerintahan Desa Ngijo, Karangploso

Tim pengabdian Dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Kembali berkontribusi di masyarakat. Program Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu tugas Tri-Dharma Perguruan Tinggi bagi setiap dosen. Kali ini tim yang diketuai oleh Dr. Lailil Muflikhah, S.Kom., M.Sc. dan beranggotakan Dr. Eng. Novanto Yudistira, S.Kom., M.Sc; Rizal Setya Perdana, S.Kom., M.Kom., Ph.D. melaksanakan program pengabdian dalam upaya membantu meningkatkan pelayanan pemerintahan desa Ngijo, Karangploso, dengan membuat Web Responsif UMKM sehingga bisa diakses melalui berbagai perangkat, baik laptop, komputer, maupun smartphone dengan format tampilan yang sama. Selain itu berjalannya kegiatan ini dibantu oleh dua mahasiswa Sistem Informasi, yaitu M. Rizky Kurniadi Ramadhan dan Mochammad Giri Wiwaha N

“Sebagaimana diketahui desa Ngijo, kecamatan Karangploso memiliki wilayah yang cukup luas dengan penduduk yang memiliki beragam mata pencahariannya, utamanya banyaknya usaha kecil menengah di bidang makanan dan minuman. Banyaknya UMKM di desa Ngijo hingga mencapai tiga ratusan namun yang tercatat hanya sekitar tiga puluhan saja serta kurang terkontrol oleh pihak pemerintah desa.Oleh karenanya, pada program pengabdian ini diperlukan  perekaman data secara digital melalui pembuatan web responsif UMKM,” terang Lailil.

Adapun tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini meliputi survey ke lokasi pemerintahan desa setempat dan penggalian data melalui wawancara dengan pihak perangkat desa. Kemudian dilakukan analisis kebutuhan system sebagai dasar untuk perancangan system yang dibuat. Langkah selanjutnya pembuatan program aplikasi dan simulasi ujicoba system untuk evaluasi perbaikan system. Terakhir, dilakukan sosialisasi pelatihan ke pihak terkait untuk penggunaan aplikasi yang telah dibuat.

Setelah dilakukan rancangan antar-muka untuk aplikasi pendataan UMKM yang ada di desa Ngijo, dihasilkan aplikasi berupa beranda aplikasi. Kemudian tampilan pendataan kepemilikan UMKM dan ada pula fitur UMKM profile ditujukan untuk promosi produk-produk yang dihasilkan. Langkah selanjutnya aplikasi di-deploy sehingga bisa diakses melalui perangkat baik komputer ataupun mobile juga, dengan alamat situs: https://ukmngijo.id.

Pelaksanaan evaluasi dan ujicoba aplikasi ke user terkait dilakukan pada tanggal 9 Septermber 2022. Lebih lanjut dilakukan sosialisasi ke pihak perangkat terkait, untuk penggunaan aplikasi. Tahap akhir dilakukan serah terima aplikasi ke pihak perangkat desa yang diwakili oleh bapak Shofi, selaku sekretaris pemerintah desa Ngijo, Karangploso, Malang. Umpan balik yang positif  berikan oleh perangkat desa, diketahui dari kuisioner yang telah didistribusikan. Semoga program kegiatan Pengabdian Masyarakat ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat desa Ngijo sehingga dapat meningkatkan potensi desa tersebut.[lil/drn]