Permudah Proses Administrasi Kependudukan, Dosen FILKOM UB Kembangkan Website Di Kelurahan Tulusrejo, Kota Malang

Permudah Proses Administrasi Kependudukan, Dosen FILKOM UB Kembangkan Website Di Kelurahan Tulusrejo, Kota Malang

Melalui Program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Tim Dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali memberikan terobosan dan membantu masyarakat khusunya pada warga RT 04 RW 12 Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Tim Dosen yang diketuai oleh Muhammad Aminul Akbar, S.Kom., M.T. membuat website guna membantu proses persuratan bagi warga RT 04 RW 12 Tulusrejo.

Beranggotakan Welly Purnomo, S.T., M.Kom; Dwija Wisnu Brata, S.ST., M.T; Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. dan dibantu beberapa mahasiswa pada Minggu (09/10/2022) melakasanakan pengembangan web dan berkoordinasi dengan Ketua serta beberapa pengurus RT.

Akbar selaku ketua tim menyampaikan bahwa tujuan diciptakan website ini dimana kondisi pandemi yang terjadi sampai saat ini, adanya keterbatasan waktu dan minimnya interaksi yang dilakukan oleh pengurus RT dengan warga.

“Didapatkan beberapa masalah berkaitan dengan kegitan surat-menyurat, integrasi data penduduk, sosialisasi aturan-aturan warga. dalam kegiatan surat menyurat dimana warga dan pengurus memiliki kesibukanya masing masing sehingga ketika ada warga meminta surat untuk keperluan administrasi, warga dan pengurus sulit untuk bertemu,” terang Akbar.

Selain itu Akbar juga menambahkan, bahwa untuk penggunaan media whatsapp terkadang juga menimbulkan masalah baru, yaitu surat keluar yang tidak tercatat atau pesan yang tidak terbaca karena terlalu menumpuk sehingga komunikasi yang kurang baik dan sebagainya. Masalah lain terkait integrasi data yaitu ketika diminta data terkait penduduk dengan kriteria tertentu oleh kelurahan, seringkali pengurus kesulitan menemukan data dan memfilter data tersebut dikarenakan data masih disimpan dalam bentuk cetakan KK, KTP dan tidak semua data tersebut disimpan secara digital menggunakan spreadsheet. Penyimpanan data menggunakan spreadsheet juga seringkali mengalami kendala, karena bisa terjadi duplikasi data dan dalam pencarian data dengan spesifikasi tertentu masih sulit untuk dilakukan oleh pengurus dengan cepat.

“Fitur yang dikembangkan dalam website ini meliputi fitur untuk kegiatan surat menyurat seperti mengajukan surat untuk warga, lalu pencatatan dan pembuatan surat oleh pengurus RT. Fitur pengelolaan data penduduk dan juga fitur membuat pengumuman dan artikel oleh pengurus RT,” jelas Akbar.

Kegiatan yang didukung dan didanai oleh Program Pengabdian Masyarakat dana DIPA FILKOM UB 2022 ini juga mendapat respon positif dari pengurus RT dan warga setempat. Dari questioner SUS yang diberikan kepada warga, hasilnya mereka sangat puas dan ingin menggunakan website yang telah dibuat.

Ketua RT 04 RW 12 Tulusrejo, Dr. Eng. I Nyoman Suluh Wijaya, ST., MT juga menyampaikan sangat senang sekali atas solusi produk teknologi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat fakultas ilmu komputer  untuk mengatasi permasalahan kegiatan pada RT 04 RW 12 Tulusrejo dan berharap tetap adanya pendampingan dalam masa percobaan penggunaan web dan jika memungkinkan adanya pengembangan fitur lain seperti pembayaran iuran RT melalui aplikasi atau web.[drn]

Untuk website dapat dilihat pada link berikut https://www.rt4rw12.web.id/