Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar 2020 Bagi Mahasiswa Prodi PTI

Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar 2020 Bagi Mahasiswa Prodi PTI

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) mengadakan sosialisasi daring tentang Kurikulum Merdeka Belajar 2020 bagi seluruh mahasiswanya. Sosialisasi dibagi dalam dua kali jadwal pelaksanaan untuk mengakomodasi seluruh angkatan mahasiswa PTI yaitu pada Selasa dan Rabu (4-5/8/2020). Materi sosialisasi disampaikan oleh Ketua Prodi PTI Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. atau yang akrab dipanggil Herlambang.

“Selamat bagi mahasiswa Prodi PTI karena mulai Semester Ganjil TA. 2020/2021 sudah bisa merasakan kebijakan merdeka belajar dari Kemendikbud. Mahasiswa bisa merasakan pengalaman belajar di dalam Prodi PTI, di luar Prodi PTI dalam kampus UB, bahkan berkegiatan di luar UB hingga 3 semester dan kegiatan tersebut bisa dikonversi menjadi SKS studi,” ujar Herlambang membuka paparannya.

Dalam penjelasannya Herlambang menyampaikan beberapa hal penting meliputi lima profil lulusan Prodi PTI, apa itu kurikulum merdeka belajar 2020 dan enam jalur yang ditawarkan, sembilan jenis kegiatan merdeka belajar, aturan peralihan bagi mahasiswa angkatan 2019 dan angkatan 2015-2018, serta saran skema merdeka belajar yang cocok bagi tiap angkatan yang ada di Prodi PTI.

Profil lulusan Prodi PTI pada kurikulum 2020 ada lima, yaitu (1) pendidik bidang teknologi informasi, (2) pengembang dan pengelola layanan teknologi informasi, (3) pengembang konten dan media pembelajaran interaktif, (4) saintis data bidang pendidikan dan (5) pelaku wirausaha bidang teknologi informasi (techno-edupreneur). Dari profil lulusan tersebut kemudian dirumuskan berbagai mata kuliah yang bisa mendukung tercapainya profil lulusan. Herlambang menyampaikan bahwa dalam kurikulum kampus merdeka mahasiswa memang diberikan keleluasaan untuk mengambil mata kuliah yang ingin dipelajarinya. Namun diharapkan mahasiswa tetap bijak memilih mata kuliah yang relevan dengan profil lulusan PTI.

Penerapan kurikulum 2020-2024 ini tetap akan memberlakukan aturan masa transisi untuk mahasiswa angkatan 2015 – 2019. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa beradaptasi dengan kurikulum baru. Masa transisi ini diberlakukan selama satu tahun yaitu pada Tahun Ajaran 2020/2021.

“Selama masa trasnsisi ke kurikulum baru (Kurikulum Merdeka Belajar 2020), khusus untuk mahasiswa Prodi PTI angkatan 2015 hingga 2018, mata kuliah yang telah diambil dan lulus berdasarkan desain kurikulum lama (Kurikulum 2016) tetap akan diakui dan tercetak di transkrip,” jelas Herlambang.

Buku Panduan Kurikulum 2020-2024 ini rencananya akan segera disebarluaskan kepada mahasiswa setelah mendapatkan pengesahan dari Rektor UB. Harapannya mahasiswa dapat benar-benar mencermati aturan peralihan/penyetaraan dari Kurikulum 2016 menuju Kurikulum Merdeka Belajar 2020. Hal ini untuk menghindari permasalahan administrasi akademik di kemudian hari.

“Bila membutuhkan penjelasan lebih lanjut bisa menghubungi saya sebagai Kaprodi PTI atau Bapak/Ibu Dosen Pembimbing Akademik untuk berkonsultasi dan mendapatkan jawaban yang pasti,” ujar Herlambang. [dna]