Software Testing bersama Prof. Tetsuro Katayama

Software Testing bersama Prof. Tetsuro Katayama

Profesor Tetsuro Katayama dari Institute of Education and Research for Engineering, University of Miyazaki menjadi narasumber dalam Kuliah Tamu Program Visiting Professor 3 in 1 Mata Kuliah Implementasi dan Pengujian Sistem Informasi (MK IPSI) Tahun Akademik 2022-2023 selama empat hari secara daring (5,12,19 dan 26 Agustus 2022). Acara ini diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi PTI yang mengambil mata kuliah IPSI. Di kesempatan tersebut Prof. Katayama menyampaikan materi tentang Software Testing yang dibagi dalam empat bahasan besar.

Pertama tentang Software Testing Concept yang disampaikan di hari pertama dengan moderator Fajar Pradana, S.ST., M.Eng. Pembahasannya meliputi 10 teknologi software terbesar yang gagal di tahun 2021, tujuan dari software testing, tujuh prinsip software testing menurut International Software Testing Qualifications Board (ISTQB), test level, teknik verifikasi dan validasi.

Setelah itu secara berturut-turut pada hari kedua hingga keempat Prof. Katayama menyampaikan materi tentang Basic Level of Testing Technique, Advance Level of Testing Technique dan Research Topic in Software Testing dengan moderator M. Chandra Saputra, S.Kom., M.Kom. Dalam materi Basic Level of Testing Technique beliau membahas tentang Equivalence Partitioning, Boundary Value Analysis dan Control Path Testing.

Dalam materi Advance Level of Testing Technique Prof. Katayama membahas tentang decision table testing, state transition testing dan all-pair testing (pairwise testing). Sementara itu pada pertemuan akhir beliau menyampaikan beberapa Research Topic dalam bidang Software Testing. Diantaranya meliputi Random Testing, Error Guessing dan Exploratory Testing. Prof. Katayama menyampaikan materi dengan sangat detail dan disertai juga dengan latihan soal interaktif dengan peserta.

Harapannya dengan menghadirkan tenaga pengajar bertaraf internasional, maka bisa menambahkan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas bagi mahasiswa Prodi PTI khususnya tentang proses implementasi yang sesuai dengan pemodelan serta pengujian pada kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari Sistem Informasi. Rencananya kegiatan ini masih akan dilanjutkan hingga empat kali pertemuan lagi setiap hari Jumat, dengan menghadirkan praktisi yaitu Teguh Arie Sandy, S.Pd, M.Pd. selaku direktur dari CV Multimedia Edukasi. [dna]