Opening Ceremony Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka

Opening Ceremony Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka

Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka (AWMM) untuk kali pertama pada Senin (29/08/2022) di Auditorium Algoritma FILKOM UB. Program Wirausaha Merdeka ini diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai salah satu program baru MBKM bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap dunia wirausaha.

AWMM diikuti mahasiswa selama tiga bulan dan direkognisi sebanyak 20 SKS. Dari 1270 peserta yang ikut, terpilih 934 peserta dari 127 perguruan tinggi di Indonesia. Namun yang hadir luring secara langsung di Auditorium Algoritma sejumlah 400 mahasiswa.

Mengawali acara, sambutan disampaikan oleh ketua pelaksana, Ilhamuddin Nukman, M.Psi., MA. Beliau menyampaikan bahwa Mahasiswa yang ikut akan mendapatkan beberapa materi tentang bagaimana membangun mindset wirausaha, membangun mentalitas, karakter, dan ketahanan sebagai calon pengusaha.

“Program AWMM didesain sebagai kawah candradimuka di bidang wirausaha bagi mahasiswa,” terang Ilhamuddin.

Ilhamuddin juga menjelaskan, bahwa dengan adanya program AWMM mahasiswa dapat merumuskan usaha, menemukan ide, model bisnis dan rencana bisnis. Nantinya, ide bisnis tersebut dipresentasikan agar para investor tertarik untuk memberikan investasi di dalam program yang dimiliki mahasiswa.

Selanjutnya para mahasiswa peserta akan membuat prototype dan ditampilkan dalam kegiatan expo. Oleh karena itu peserta mendapat biaya modal untuk pembuatan prototype produk. Setiap kelompok akan mendapatkan modal Rp 5 juta. Program AWMM ini didanai oleh Kemendikbudristek melalui LPDP.

Rektor UB Prof Widodo menjelaskan bahwa  AWMM merupakan terobosan bagus dari Kemendikbudristek di bidang wirausaha.

“Kemajuan negara ditentukan dari jumlah jenis pekerjaan dari populasi masyarakat yaitu seberapa banyak penelitinya dan seberapa banyak yang jadi entrepreneur. Kalau dua-duanya jumlahnya banyak akan sangat mudah dan cepat bagi sebuah negara untuk maju,” terang Prof. Widodo.

Menurutnya, AWMM akan mewadahi generasi entrepreneur dalam mengubah mindset bahwa untuk bisa sukses tidak hanya mencari lapangan pekerjaan tapi menjadi wirausaha. AWMM merupakan program unggulan MBKM yang didesain untuk menciptakan para pengusaha muda baru. Pelatihan AWMM ini dilaksanakan secara luring dan daring selama 3 bulan dan akan diakhiri dengan expo kewirausahaan mahasiswa bulan November 2022.[drn]