Visitasi Akreditasi Internasional AQAS Sukses Terlaksana di FILKOM UB

Visitasi Akreditasi Internasional AQAS Sukses Terlaksana di FILKOM UB

Selesai sudah kegiatan visitasi akreditasi internasional dari Agentur Fur Qualitatssicherung Durch Akkreditierung Von Studiengangen E.V (AQAS) di Fakultas Ilmu Komputer, Universiatas Brawijaya (FILKOM UB). Akreditasi dilaksanakan secara daring mulai dari tanggal 22 Agustus hingga tanggal 26 Agustus 2022. Kunjungan tersebut merupakan tahapan lanjut setelah dikirimkannya dokumen-dokumen Self Evaluation Report (SER) beserta lampiran-lampirannya beberapa bulan sebelumnya.

Visitasi AQAS menghadirkan beberapa expert  untuk menilai kualitas program studi. Para Expert tersebut berasal dari berbagai macam institusi di Eropa seperti Prof. Dr. Zhen Dai dari Hamburg University of Applied Sciences (HAW Hamburg, Jerman); Prof. Dr. Gabriele Kunau dari Fachhochschule Dortmund University of Applied Sciences and Arts, Jerman; Prof. Dr. Marco Platzner dari Paderborn University, Jerman; Barata Antarikas dari TVET School, Bekasi; dan Jessica Ziegler dari University of Postdam, Jerman (perwakilan mahasiswa).

Kegiatan tersebut terbagi dalam beberapa sesi, yaitu sesi manajemen perguruan tinggi, sesi manajemen fakultas sampai prodi, sesi pengguna lulusan, sesi mahasiswa dan alumni, dan sesi dosen-dosen program studi. Sesi manajemen perguruan tinggi yang dihadiri seluruh unsur pimpinan universitas dilaksanakan pada Senin (22/08/2022) kemudian disusul sesi manajeman fakultas yang dihadiri segenap unsur pimpinan fakultas, jurusan dan program studi pada Selasa (23/08/2022) sampai dengan review di hari Jum’at (26/08/2022)

Dalam sesi manajemen perguruan tinggi turut hadir Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. beserta seluruh Wakil Rektor, dan juga perwakilan dari FILKOM yaitu Dekan FILKOM, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. yang juga ditemani Wakil Dekan I, II dan III. Adapun sesi yang menjadi puncak visitasi adalah sesi yang dilaksanakan di Fakultas. Dalam diskusi tersebut, para Expert menanyakan beberapa hal berkaitan dengan kurikulum, pembelajaran, penelitian dosen, sarana prasarana, kegiatan belajar mahasiswa, kerjasama internasional dan juga kualitas lulusan dari FILKOM UB. Selain mengajukan pertanyaan, para Expert juga memberikan saran-saran untuk perkembangan program studi yang ada di FILKOM UB. Visitasi diakhiri dengan pandangan atau review oleh para Expert yang disampaikan kepada unsur pimpinan universitas hingga prodi.

Di hari terakhir sebagai penutupan Ketua Tim AQAS FILKOM, Muhammad Tanzil Furqon, S.Kom., M.Cs. menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam visitasi AQAS, mulai dari persiapan dokumen dari tahun 2021 sampai dengan penilan dari para Expert.

“Alhamdulillah, sudah terlewati tahapan demi tahapan hingga akhir akreditasi internasional AQAS. Terima kasih kepada segenap jajaran pimpinan Universitas, Fakultas, dan Departemen serta tim dokumen pesiapan dan pelaksanaan AQAS FILKOM. Semoga mendapatkan hasil yang positif dan menjadi kebaikan bagi FILKOM UB kedepannya.”terang Furqon.

Harapannya dengan mendapat akrditasi internasional ini tidak semata-mata hanya mengejar pencapaian ranking saja. Tetapi juga akan berdampak pada penerimaan mahasiswa baik secara nasional maupun internasional serta akan terjalinnya banyak kerjasama internasional bagi para dosen.[drn]