Implementasi dan Pengujian Software oleh Prof. Tetsuro Katayama

Implementasi dan Pengujian Software oleh Prof. Tetsuro Katayama

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Visiting Professor 3in1 dengan tema “Whitebox and Blackbox Testing” pada Jum’at (12/08/2022) secara daring. Profesor yang akan memberikan materi kali ini yaitu, Prof. Tetsuro Katayama yang berasal dari Miyazaki University, Jepang. Kegiatan kuliah tamu ini dipandu oleh Mochamad Chandra Saputra, S.Kom., M.Eng., Ph.D. selaku moderator.

Mengawali acara Prof. Tetsuro menjelaskan materi mengenai software testing atau pengujian software. Pengujian adalah kegiatan yang tujuannya adalah untuk mengevaluasi atribut dari suatu program atau sistem.

“Testing is any activity whose purpose is to evaluate the attributes of a program or system. The testing is to measure the equality of the software. The ultimate goal of testing is to support quality assurance. In other words, by collecting quality-related information and feeding that information back to programmers, it prevents defects that have occurred in the past and leads the equality of software in good direction.” terang Prof. Tetsuro.

Dengan kata lain Prof Tetsuro menjelaskan bahwa tujuan dari pengujian adalah untuk mendukung jaminan kualitas dengan cara mengumpulkan informasi terkait kualitas dan memberikan informasi itu kembali ke pemrogram, meminimalisir terjadinya permasalahan dalam program agar menjadi lebih baik kedepannya.

Prof Tetsuro menyampaikan, beberapa orang lebih suka mengatakan definisi software testing sebagai Whitebox dan Blackbox testing. Secara sederhana, software testing itu adalah sebuah Verification of Application Under Test (AUT). Dengan adanya software testing maka kualitas produk, segi keamanan akan lebih baik sehingga kepuasan pelanggan akan lebih terjaga.

Prof Tetsuro juga memberikan pertanyaan-pertanyaan di sela-sela paparannya kepada para mahasiswa yang hadir. Kegiatan kuliah tamu yang berjalan selama 2 jam ini juga diadakan sesi tanya jawab dari mahasiswa dengan prof. Tetsuro agar lebih interaktif.[drn]