Webinar Applied Machine Learning, Nomura Research Institute Indonesia

Webinar Applied Machine Learning, Nomura Research Institute Indonesia

Mata Kuliah Machine Learning kembali menyelenggarakan webinar terkait dengan visiting professor dan praktisi industri dalam kegiatan 3in1 yang kali ini menghadirkan Maystya Tri Handono, S.Kom., M.Sc. dengan tema Applied Machine Learning, Rabu (25/5/2022). Kegiatan ini juga dipandu oleh Randy Cahya Wihandika, S.ST., M.Kom. selaku moderator. Perlu diketahui sebelumnya Maystya merupakan alumni Program Studi Teknik Komputer 2015 FILKOM UB dan saat ini sebagai machine learning engineer di Nomura Research Institute Indonesia (NRI).

Mengawali pemaparannya Maystya menjelaskan singkat profil dari NRI yang merupakan sub grup yang berasal dari Jepang dan sudah berdiri di Indonesia sejak 2015. Saat ini NRI juga membuka berbagai kesempatan untuk para fresh graduate khusunya dari bidang TI untuk dapat bergabung dalam perusahaannya.

“Yang kami kerjakan di NRI sendiri yaitu sebagai konsultan produk untuk klien, seperti Digital Transformation yang akan digunakan secara terus menerus,” terang Maystya.

Maystya melanjutkan Digital Transformation (DX strategy) disini diawali dengan pembuatan desain machine learning dengan design solution dilanjutkan mencari solusi dan dianalisis dengan data yang ada. Selain itu Maystya juga menjelaskan mengenai end to end video analytics seperti menganalisis kebutuhan konsumen melalui video.

Maystya jug amenjelaskan bahwa Machine Learning Merupakan salah satu cabang ilmu dari AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan, yang mengkhususkan kepada komputer untuk mempelajari data dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasannya. Berdasarkan 3 pengertian dari para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa Machine Learning adalah sebuah metode analisis yang bisa membantu menangani dan mengolah big data dengan mengembangkan algoritma komputer.

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini ditutup dengan kegiatan Q&A dimana sesi tanya jawab dari peserta webinar dengan pemateri agar kegiatan tersebut menjadi lebih interaktif.[drn]