Mahasiswa Internasional FILKOM UB Dapatkan Best Presenter Award Di CyberneticsCom Conference 2022

Mahasiswa Internasional FILKOM UB Dapatkan Best Presenter Award Di CyberneticsCom Conference 2022

 

Wafa Essayem, mahasiswa internasional dari Tunisia yang terdaftar di Program Studi Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) berpartisipasi dalam CyberneticsCom 2022 Conference sebagai presenter untuk makalah yang berjudul “Customer Clustering Based on RFM Features Using K-Means Algorithm”. Bersama Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, ST., M.Eng dan Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D sebagai dosen pembimbing, Wafa mendapatkan penghargaan sebagai Best Presenter Award.

CyberneticsCom 2022 Conference merupakan konferensi Internasional IEEE yang ke-6 tentang Cybernetics and Computational Intelligence. Kegiatan konferensi ini diselenggarakan oleh Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan dilaksanakan di Kota Malang antara tanggal 16 – 18 Juni 2022. CyberneticsCom 2022 merupakan konferensi unggulan dari IEEE Indonesia Section.

Wafa menjelaskan bahwa artikel yang dimilikinya membahas mengenai pengelompokan pelanggan berdasarkan fitur RFM dengan menggunakan Algoritma K-Means.

“An article entitled “Customer Clustering Based on RFM Features Using K-Means Algorithm” that aims to cluster the customers of a physical retail store in order to later propose personalized prices.” Jelas Wafa.

Wafa juga memberikan sedikit pesan dan motivasi kepada mahasiswa FILKOM UB bahwa publikasi suatu karya ilmiah tidak hanya menjadi salah satu syarat kelulusan, akan tetapi dengan publikasi ilmiah atau dengan menerbitkan jurnal maka akan membuka jalan ke dalam dunia professional baik di kancah nasional maupun internasional.

“Publications are part of graduating, but not only. It should be kept in mind that publishing journals or participating in conferences is what helps pave your way in the professional world.” terang Wafa.

Semoga prestasi yang ditorehkan oleh Wafa Essayem, seorang mahasiswa Internasional dapat tertularkan kepada mahasiswa FILKOM yang lainnya untuk dapat berprestasi di bidang publikasi artikel dan jurnal baik di level nasional maupun internasional.[drn]