Mendefinisikan Dampak UX Strategy Dari Perspektif Dunia Industri

Mendefinisikan Dampak UX Strategy Dari Perspektif Dunia Industri

Webinar Series on Interaction Design kembali hadir kembali pada pertemuan kedua pada Jum’at (11/3/2022). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Teknologi Media, Game, dan Mobile Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kali ini menghadirkan alumni FILKOM UB lagi yang telah berkarir di perusahaan startup besar di Indonesia serta salah satu mahasiswa Filkom yang juga sudah berkarir di perusahaan startup dalam negeri. Diselenggarakan secara daring, kegiatan ini dihadiri sekitar 90 partisipan yang merupakan mahasiswa FILKOM UB.

Dengan tema “Defining The Impactfulness Of UX Strategy : Industry Perspective” kegiatan ini diisi oleh Vivy Junita (Alumni Teknik Informatika 2016) yang saat ini menjabat sebagai Product Manager di Blibli dan Verrel Radiman (Teknik Informatika 2017), mahasiswa FILKOM yang juga bekerja sebagai UX Researcher di Mekari. Selain itu salah satu dosen FILKOM, Adam Hendra Brata., S.Kom., M.T., M.Sc. juga hadir sebagai moderator dalam kegiatan kali ini.

“Dalam dunia industri design in general diartikan dalam berbagai tahapan yang tidak hanya dalam satu rule saja seperti menggambar atau mendisain sesuai dengan apa yang diinginkan. User Experience (UX) berperan besar dalam bisnis suatu perusahaan karena akan selalu hadir dalam berbagai inovasi” terang Vivy dalam menyampaikan materi pertama

Vivy juga menjelaskan UX merupakan salah satu strategi mendesain produk yang berfokus pada perspektif pengguna. Strategi UX dibangun dan diimplementasikan bersamaan dengan strategi bisnis dan produk perusahaan demi kepuasan pengguna. Strategi UX juga dapat digunakan untuk melihat akan seperti apa interaksi pelanggan dengan perusahaan melalui beragam produk yang telah dihasilkan.

Kemudian materi kedua disampaikan oleh Verrel yang menjelaskan peran UX Researcher dalam pengembangan suatu produk. UX Researcher atau User Experience Researcher adalah posisi pekerjaan yang berfokus pada riset target pasar dan mengetahui keinginan pengguna untuk memberikan insight yang baik pada keseluruhan proses desain.

Menurut Verrel, untuk menjadi UX Researcher  sebaiknya seseorang yang memiliki sifat  empati, terorganisir dan berpikir kritis demi mendapatkan informasi yang tepat terkait pengguna. UX Researcher juga menggunakan berbagai metode untuk menemukan masalah dari pengguna dan kesempatan seperti apa yang dimiliki sebuah produk tersebut.

Bagaimanapun juga dalam strategi UX harus tetap fleksibel sesuai dengan metode dan pendekatan yang digunakan dalam pengembangan produk. Sebuah perusahaan harus mengembangkan UX Strategy agar dapat dijalankan secara konsisten karena menentukan keberhasilan desain dari sebuah produk.[drn]