Pembekalan Perkuliahan Luring/Hybrid Bagi Dosen FILKOM UB

Pembekalan Perkuliahan Luring/Hybrid Bagi Dosen FILKOM UB

Setelah melaksanakan simulasi proses pembelajaran secara Hybrid bersama mahasiswa yang diwakili oleh BEM FILKOM pada beberapa pekan lalu, kali ini Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) memberikan pembekalan sekaligus sosialisasi tata cara perkuliahan secara luring ataupun hybrid yang akan dilaksanakan pada Semeter Genap 2021/2022. Kegiatan pembekalan ini tetap dilaksanakan di kelas hybrid gedung F lantai 2 FILKOM selama dua hari pada Rabu (2/2/2022) dan Kamis (3/2/2022).

Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T menjadi pemateri dalam pembekalan kepada para Dosen FILKOM pada hari pertama yang ditemani oleh Adhitya Bhawiyuga, S.Kom., M.Sc, dan  Eko Setiawan, S.T., M.Eng., Ph.D. Sedangkan pada hari kedua materi disampaiakan oleh Fajar Pradana, S.ST., M.Eng; Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd; Widhy Hayuhardhika Nugraha P, S.Kom., M.Kom dan Intan Sartika Eris Magfiroh, S.E., M.B.A

Tidak lupa juga Dekan FILKOM UB, Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D membuka dan memberikan arahan dalam kegiatan pembekalan ini. Prof. Wayan menyampaikan bahwa FILKOM merupakan salah satu fakultas yang siap menyelenggarakan sistem belajar mengajar secara campuran/hybrid dimana ada sebagian mahasiswa yang melaksanakan kuliah secara langsung atau tatap muka dan secara online selain itu Rektor UB juga memuji fasilitas kelas di FILKOM yang akan digunakan sebagai kelas hybrid. Tentunya bukan hanya dari segi kesiapan kelas, dosen yang memberikan materi juga harus siap dan beradaptasi mengenai sistem pembelajaran secara hybrid.

Perkuliahan secara hybrid memfasilitasi tatap muka dosen dan mahasiswa di kelas dengan protokol kesehatan yang ketat. Nantinya Wastafel, handsanitizer, dan thermometergun disediakan, sementara aturan jaga jarak tetap diterapkan. Seluruh civitas akademika yang hadir diharuskan dalam keadaan sehat dan tidak terinfeksi Covid-19. Selain itu bagi mahasiswa yang bersedia mengikuti perkuliahan secara langsung diwajibkan sudah menerima vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali.

Selanjutnya Herman Tolle menyampaikan mengenai kebijakan dan model pembelajaran di FILKOM secara partisipatif dan kolaboratif. Pengembangan modul secara digital dan pembelajaran berbasis proyek atau studi kasus. Selain itu fakultas memfasilitasi platform LMS, video management dan perangkat video conference seperti webcam, headset dan pen tablet. Tidak lupa juga tersedia perangkat lunak khusus penunjang video editing atau animator berupa Filmora, VideoScribe, Doodly, dan lain-lain. Harapannya dengan sistem perkuliahan secara hybrid walaupun dalam kondisi pandemi, mahasiswa dapat aktif dalam proses belajar mengajar agar nantinya fakultas tetap dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus.[drn]