Tingkatkan Mutu Pembelajaran Jurusan SI Gelar Pelatihan dan FGD Penguatan Kompetensi Pedagogi

Tingkatkan Mutu Pembelajaran Jurusan SI Gelar Pelatihan dan FGD Penguatan Kompetensi Pedagogi

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (JSI FILKOM UB) menyelenggarakan pelatihan dan focus group discussion (FGD) tentang penguatan kompetensi pedagogi untuk dosen JSI pada Kamis hingga Sabtu (17-19/1/2019). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Hal ini mengingat tantangan dosen dalam mengelola pembelajaran semakin bervariasi, sehingga bisa mengakibatkan penuruan mutu pemberajaran apabila tidak dikelola dengan teknik perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran yang tepat. Bentuk perencanaan pemberajaran yang terstandarisasi dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS), beraneka ragam strategi pembelajaran inovatif, dan bervariasinya perangkat teknologi pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran merupakan contoh-contoh potensi yang bisa dimanfaatkan oleh dosen JSI untuk meningkatkan kemenarikan pembelajaran pada matakuliah yang diampu.

“Kami senantiasa mengupdate pengetahuan tentang bagaimana sebaiknya seorang dosen mengajar di kelas. Oleh karenanya setiap semester kami selalu mengadakan pelatihan seperti ini dengan tema-tema yang disesuaikan. Harapannya nanti dosen Jurusan Sistem Informasi bisa meningkatkan kemampuannya, kompetensinya dan menjadi pengajar yang lebih baik bagi mahasiswa kami,” jelas Herman Tolle, S.T., M.T. selaku Kepala Jurusan SI.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan denagn mengundang beberapa instruktur dengan peserta yang terdiri dari 45 dosen JSI. Hari pertama diawali dengan pembukaan oleh Kepala Jurusan SI yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian empat materi. Pertama materi disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Hendrawan Soetanto, M.Agr.Sc. dari Fakultas Peternakan UB tentang Keterampilan Memberi Motivasi dalam Pembelajaran. Kedua Chomsin S. Widodo, M.Si., Ph.D. dari FMIPA UB menyampaikan Keterampilan Menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Ketiga Dr.Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. dari FILKOM UB menyampaikan Keterampilan Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk Mengajar. Materi terakhir hari pertama disampaikan D.Sc. Fatwa Ramdani, S.Si., M.Sc. dari FILKOM UB yang memaparkan tentang Pembelajaran Fitrah.

“Kami mengundang total 45 dosen terutama dari Jurusan SI dan beberapa dosen baru sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasannya untuk dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di semester yang akan datang. Ada beberapa materi yang akan diberikan pada hari Kamis dan Sabtu, sedangkan pada hari Jumat dijadwalkan diskusi membahas penyusunan RPS,” jelas Herman Tolle.

Hari kedua dibuka oleh Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D yang memberikan materi pendahuluan sebelum kemudian peserta dibagi dalam beberapa kelompok sesuai KJFD masing-masing untuk berkoordinasi menyusun RPS dengan waktu yang diberikan selama 7 jam. Materi pendahuluan yang disampaikan pada awal hari kedua ini mengenai Mekanisme Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester dan Bahan Ajar di Jurusan Sistem Informasi.

Sementara itu hari ketiga peserta mendapat paparan tentang dua materi. Pertama materi keterampilan memanfaatkan hypnoteaching untuk mengajar yang disampaikan oleh Ir. Mei Hendra Darma, M.M. selaku Founder of Solution Mind Development lembaga Coaching, Counseling, Training dan Mind therapy serta Mental Motivator & Public Speaker. Materi kedua tentang keterampilan public speaking untuk mengajar disampaikan oleh Ardiannur Ar – Royya selaku Founder dan CEO komunikasiefektif.com. [dna]