FILKOM UB Terima Kunjungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

FILKOM UB Terima Kunjungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Selasa (7/12/2021) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menerima kunjungan dari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kunjungan dari Prodi SI UIN Sunan Ampel kali ini dipimpin oleh Ketua Program Studi SI yaitu Muhammad Andik Izzuddin, M.T ditemani oleh beberapa dosen dan staf kependidikan. Dekan FILKOM UB, Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. menyambut secara langsung kunjungan ini, ditemani oleh Ketua Jurusan Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc.

Dalam sambutannya, Andik Izzuddin menyampaikan bahwa FILKOM dipilih menjadi tujuan studi banding karena FILKOM dinilai dalam waktu singkat dapat bertumbuh dengan cepat baik dari segi jumlah peminat, mahasiswa, raihan prestasi maupun sarana prasarana penunjang pembelajaran. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel sendiri lahir pada tahun 2014 yang pada hal ini tidak jauh berselisih dengan FILKOM UB yang berdiri pada tahun 2011, walaupun secara resmi menjadi fakultas sejak 2016 lalu. Oleh karenanya Prodi Sistem Informasi UIN Sunan Ampel ingin menimba ilmu mengenai strategi untuk menumbuhkembangkan suatu program studi atau fakultas secara optimal serta belajar dalam penyusunan kurikulum baru yang berbasis MBKM.

Sementara itu, Prof. Wayan dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjalin kerjasama sebanyak-banyaknya dengan berbagai universitas baik dari program MBKM atau hal yang lain seperti penelitian bersama akan selalu diterima dengan tangan terbuka. Salah satu indikator kinerja fakultas sendiri juga dilihat seberapa banyak kerjasama yang dilakukan. Prof. Wayan juga memperbolehkan para dosen di FILKOM dengan melakukan penelitian bersama oleh dosen yang berada di luar FILKOM maupun UB, bahkan dalam penyelenggaraan conference dapat dilaksanakan bersama dengan universitas lain. Karena jika dilaksanakan secara bersama maka akan memperbanyak peminat juga, terang Prof. Wayan.

Acara dilanjut dengan diskusi terbuka mengenai berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh perwakilan Prodi SI UIN Sunan Ampel kepada FILKOM UB. Diharapkan pertemuan antara dua institusi pendidikan ini dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak, sehingga kemudian dapat menjadi pendorong perkembangan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.[drn]