KJFD Komputasi Cerdas Gelar Pelatihan Data Analisis

KJFD Komputasi Cerdas Gelar Pelatihan Data Analisis

Kelompok Jabatan Fungsional Dosen Komputasi Cerdas (KJFD KC) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan pelatihan data analisis pada mata kuliah data mining dan pengenalan pola pada Rabu – Kamis (16-17/1/2019). Kegiatan yang dihadiri para dosen anggota KJFD KC ini diselenggarakan di laboratorium pembelajaran gedung B FILKOM, ruang B1.8. Tibyani, S.T., M.T. selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan kapasitas pengetahuan dosen yang tergabung di KJFD KC, penguasaan tool yang tepat untuk pengolahan data analisis dan mempersiapkan dosen untuk pengelolaan komputasi big data.

Empat orang dosen FILKOM yang ditunjuk sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut adalah Rendy Cahya Wihandika S.ST, M. Kom, Putra Pandu Adikara S.Kom, MKom, Yuita Arum Sari S.Kom, M.Kom, Sigit Adi Nugroho S.Kom, M.Sc dan Drs. Muh. Arif Rahman M.Kom. Dalam paparan materi disampaikan bahwa data analisis adalah proses untuk evaluasi data menggunakan tool statistik maupun analitik untuk menemukan informasi yang berguna dan dapat digunakan sebagai instrumen mendukung pembuatan keputusan. Seorang data analis mengerjakan 3 hal utama yaitu analisis deskripstif untuk menjelaskan apa jenis data yang diteliti, analisis prediktif untuk menjelaskan rekomendasi apa berdasarkan pengolahan data sebelumnya dan yang terakhir adalah analisis preskriptif untuk menjelaskan tentang kemungkinan yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Untuk dapat mengerjakan hal tersebut maka diperlukan tool yang tepat.

Penggunaan tool yang tepat disamping mempermudah pengolahan data dapat juga digunakan untuk mempercepat komputasi dan visualisasi. Di kalangan komunitas data analisis, bahasa pemrograman python adalah tool yang sangat popular. Python adalah bahasa pemrograman untuk beragam bidang karena dukungan pustaka (librari) yang cukup banyak. Komputasi data analisis menggunakan python meliputi materi python dasar, pengenalan array pustaka numpy dan scipy, pengelolaan data mengguakan pustaka  pandas, visualisasi data menggunakan pustaka matplotlib, seaborn dan plotly, sedangkan permodelan data menggunakan pustaka scikit-learning. [dna]