Best Practice on Project Management

Best Practice on Project Management

Program Studi Sistem Informasi FILKOM UB melalui Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) Tata Kelola dan Manajemen Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu bertajuk “Best Practice on Project Management” pada Jumat (26/11/2021). Pemateri yang diundang pada kesempatan ini adalah Adityas Kemal Fakhruddin selaku Head of Product Non PDAM Bima Sakti Alterra. Acara diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dengan diikuti oleh lebih dari 90 mahasiswa FILKOM Jurusan Sistem Informasi.

Dalam pemaparannya Adityas menggunakan slido untuk mendorong peran aktif peserta selama acara berlangsung. Adityas mengawali presentasinya dengan memperkenalkan tentang Alterra, perusahaan tempatnya bekerja saat ini. Kemudian Adityas menyampaikan tentang defisi project management.

Dijelaskan oleh Adityas bahwa project manager memiliki peran untuk menentukan goals, membuat timeline, budgeting, risk management dan melakukan monitoring serta controling. Dalam penentuan goals, project manager perlu memperhatikan lima hal penting meliputi commitment, clarity, degree of goal’s difiiculty, complexity dan presence of progress reporting. Dalam melaksanakan perannya project manager dapat memanfaatkan berbagai macam tools yang saat ini sudah banyak beredar, seperti Trello, confluence, asana, jira Monday.com dan google workspace.

Selain itu beliau juga menjelaskan tentang How to be a project manager, project vs product management dan bagaimana project manager berhubungan dengan Venture Capital. Kuliah tamu kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab. [dna/drn]