Kenalkan Wujud Industri Kreatif, Jurusan SI Ajak Mahasiswa Kunjungi Perusahaan 24Slides

Kenalkan Wujud Industri Kreatif, Jurusan SI Ajak Mahasiswa Kunjungi Perusahaan 24Slides

Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang wujud industri kreatif, maka Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (Jurusan SI FILKOM UB) mengajak mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) mengunjungi Perusahaan 24Slides (3/11/2018). Di kantor yang beralamat di Jl. Tumenggung Suryo 141 Malang, mahasiswa FILKOM yang berkunjung disambut baik oleh perwakilan 24Slides.

“Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan wujud industri kreatif berskala internasional untuk membantu mencapai misi Prodi PTI yaitu menghasilkan lulusan yang berkompeten sebagai tenaga pendidik di bidang Pendidikan Teknologi Informasi, berkompeten sebagai tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi, dan berjiwa wirausaha, serta dapat berperan positif di tingkat nasional dan internasional,” jelas Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. salah satu dosen FILKOM yang turut mendampingi dalam kunjungan tersebut.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa FILKOM sempat mendapatkan materi dari leader dan manager 24Slides yaitu Mira Marika (Smashing Leader), M. Isa Habibi (Training Manager), Anger Setyaki (Head Design Manager yang juga alumni FILKOM) dan Khairizal Ghulam (Operation Manager). Materi awal yang disampaikan mengenai profil perusahaan 24Slides. 24Slides mengklaim dirinya sebagai perusahaan jasa desain terbesar di dunia. Dimana value perusahaannya dikatakan ada pada employee hapiness yang diwujudkan dalam suasana kantor yang playful dan memenuhi basic needs seperti fasilitas makan dan tempat tidur, serta progam kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menarik dan memacu kreativitas.

Selanjutnya peserta kunjungan juga diberikan materi tentang prinsip membuat desain slide yang baik. Bagi mahasiswa Prodi PTI yang nantinya dipersiapkan untuk menjadi pendidik, slide presentasi merupakan hal yang penting sebagai sarana pembantu dalam pengajaran. Dijelaskan oleh tim 24Slides bahwa slide yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan yang meliputi satu slide mempresentasikan satu ide, hindari kata dan bullet yang terlalu banyak, hindari membaca presentasi saat memberikan penjelasan, manfaatkan gambar agar slide lebih menarik dan peserta didik tidak bosan, serta thinking like designer. Maksud dari kriteria terakhir bahwa pembuatan slide harus didasarkan pemikiran seperti desainer yang peduli akan penataan konten yang rapi, memperhatikan hierarki visual, mampu memanfaatkan ruang kosong, mampu menentukan jenis dan ukuran fonts yang tepat, kemudian mengaplikasikan animasi dengan tidak berlebihan dan membuat transisi yang pas.

Setelah materi, para peserta diberi kesempatan untuk melihat beberapa contoh slide sebelum dan setelah di redesain oleh 24Slides. Kemudian peserta kunjungan juga berkesempatan melakukan praktek redesain slide. Mahasiswa dengan hasil redesain terbaik mendapatkan hadiah dari 24Slides. Adapun mahasiswa yang karyanya dipilih debagai tiga desain terbaik adalah Rendy Murdiyanto (2016), Eko Bagus Prasetyoadi (2015) dan Ghasa Faraasyatul 'Alam (2015). Dalam acara tersebut 24Slides juga memberikan informasi bahwa perusahaannya membuka lowongan untuk desainer grafis, programmer dan customer support. Selain itu terdapat pula dua macam program magang yang meliputi program 'internship' tanpa gaji dan peluang direkrut serta 'internship development program' yang pesertanya mendapatkan gaji dan peluang untuk direkrut sebagai karyawan 24Slides. [hani/dna]