Tim Dosen FILKOM laksanakan Kegiatan Dosen Berkarya Tahun 2021 Di Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang

Tim Dosen FILKOM laksanakan Kegiatan Dosen Berkarya Tahun 2021 Di Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang

Desa merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan negara karena merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan Pemerintah, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 83.931 wilayah administrasi setingkat desa di Indonesia pada 2018 (Badan Pusat Statistik, 2018). Berdasarkan jumlahnya di Indonesia, perekonomian pada desa tentunya akan mempengaruhi Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional jika penduduk desa diberikan pemberdayaan untuk mengelola ekonomi secara mandiri. Berdasarkan hal tersebut dan sesuai salah satu misinya FILKOM yaitu melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam rumpun keilmuan komputer secara berkelanjutan dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.

“Salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat yang dimaksud adalah pelaksanaan dosen berkarya (DOKAR) tahun 2021” ,ungkap Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. selaku Dekan FILKOM UB.

Kali ini salah satu kegiatan DOKAR FILKOM UB Tahun 2021 dilaksanakan di Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo Kab Malang.

 “Salah satu pertimbangan pemilihan lokasi ini karena status desa tersebut adalah desa tertinggal baru berkembang yang sebelumnya dengan status desa tertinggal”, pungkas Arief Andy Soebroto, ST., M.Kom.

Arief Andy yang akrab dipanggil Aan adalah  ketua dalam program dosen berkarya tahun ini. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah menginisiasi profil Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo Kab Malang dan BUMDES yang diberi nama MUGI BAROKAH. Kegiatan yang telah dilakukan adalah menyediakan media sosial sebagai sarana penyebarluasan profil, penguatan organisasi dan program BUMDES MUGI BAROKAH. Tujuan dari kegiatan utama ini adalah menunjukkan Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo Kab Malang bangkit dari status desa tertinggal menjadi desa berkembang dan menguatkan organisasi BUMDES MUGI BAROKAH dalam rangka kesiapan untuk memulai prioritas bidang usaha.

Kegiatan ini tentunya tidak aka berhenti namun ke depan tetap dilakukan penguatan diberbagai kegiatan seperti penguatan administrasi desa berbasis sistem informasi, aplikasi program point of sales (POS) untuk mini market BUMDES dan literasi digital bagi masyarakat desa dalam rangka mengakselerasi perekonomian desa.

“Saya harapkan FILKOM UB dapat membantu desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Poncokusumo melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka penguatan sumber daya manusia dan managemen berbasis Teknolog Informasi”, ucap Marendra Hengky Irawan,S.STP.,M.AP selaku Camat Poncokusumo Kab Malang.

Aan juga berharap agar kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Agustis sampaidengan November 2021 ini mendapatkan hasil yang optimal dan positif untuk desa Dawuhan kedepanya.[drn]