E-Commerce dan Etika Bisnis Teknologi Informasi

E-Commerce dan Etika Bisnis Teknologi Informasi

Beberapa pengertian e-commerce, menurut Kennet C. Laudon & jane P. Laudon (1998) adalah suatu proses transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan. Sementara itu e-commerce menurut Kotler & Armstrong (2012) adalah saluran online yang dapat dijangkau seseorang melalui komputer yang digunakan oleh pebisnis dalam melakukan aktifitas bisnisnya dan digunakan konsumen untuk mendapatkan informasi dengan menggunakan bantuan komputer yang dalam prosesnya diawali dengan memberi jasa.

“Secara umum e-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). Biaya yang dipangkas ini pada produsen atau penjual,” jelas Dr. Ir. Harry Soekotjo Dachlan.

Orang sering menyamakan atau bingung tentang pengertian market place dan e-commerce. Market place sendiri adalah platform tempat bertemunya penjual dan pembeli, bisa juga seperti pasar tradisional, tidak harus dilakukan dengan bantuan komputer atau internet. Dalam kuliah tamu yang dilaksanakan pada Senin (8/11/2021) Dr. Ir. Harry Soekotjo Dachlan memaparkan e-commerce dan etika bisnis teknologi informasi dimana lanjutan dari kuliah tamu sebelumnya yang termasuk dari mata kuliah Etika Profesi.

Dr. Ir. Harry juga menjelaskan tentang macam-macam jenis e-commerce yang meliputi; Business to Business (B2B), Business to Consumer (B2C), Consumer to Consumer (C2C), Consumer to Business (C2B) serta Business to Administration (B2A). 4 jenis e-commerce pertama mungkin sudah tidak asing, sedangkan untuk B2A adalah jenis e-commerce yang menjual produk, layanan, atau informasi kepada pemerintah atau Lembaga pemerintah. Sebagai contoh, pemerintah yang membutuhkan aplikasi untuk membuat e-KTP. Selanjutnya beliau juga menjelaskan tentang komponen dalam e-commerce, proses yang ada dalam e-commerce, keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui e-commerce bagi perusahaan serta beberapa masalah dalam e-commerce. Beliau juga menjelaskan tentang bisnis dan etika, pengertian serta prinsip-prinsip etika bisnis. Pemaparan Dr. Ir. Harry ditutup dengan penjelasan tentang berbagai bisnis di bidang Teknologi Informasi serta tantangannya. [dna/drn]