Sistem Digital dan Mikrokontroler Di Industri

Sistem Digital dan Mikrokontroler Di Industri

Program Studi Teknik Komputer (Prodi Tekkom) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya kembali meneyelenggarakan kegiatan kuliah tamu dalam program Professor 3in1 yang kali ini mengundang Bagus Luqman, S.Kom., M.Sc selaku Practicioner di ZebraX guna meningkatkan kualitas lulusan dengan mendatangkan praktisi dari industri. Kuliah tamu ini deselenggarakan secara daring melalui Zoom pada hari Senin (18/10/2021) dengan dipandu oleh Agung Setia Budi, ST., MT., M.Eng., Ph.D. selaku moderator.

Pemateri kuliah tamu kali ini, Bagus Luqman juga merupakan alumni dari Prodi Tekkom FILKOM UB pada tahun 2015 dan telah bekerja di ZebraX mulai dari tahun 2018 sebagai IoT Engineer. Mengawali materi Bagus menjelaskan Sistem Digital yang diartikan suatu sistem yang mempunyai fungsi mengukur suatu nilai/besaran yang bersifat tetap ataupun tidak tetap. Sistem tersebut berbentuk diskrit berupa digit ataupun angka. Pada saat ini Sistem Digital sudah  menjadi bagian yang tidak bisa di pisahkan dari kehidupan manusia, mulai dari smartphone, laptop, smart tv, komputer, robot, alat-alat kedokteran dan transportasi.

Kemudian Bagus menjelasakan perbedaan dari microcontroller secara umumnya. Microcontroller sendiri adalah satu benda dengan bentuk chip yang punya banyak sekali fungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik yang pada umumnya bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan suatu program.

“Microcontroller (MC) dalam dunia industri terbagi menjadi tiga yang pertama Processor, SOC dan Microcontroller sendiri. Dalam performanya SOC di desain lebih cepat dari Microcontroller karena SOC adanya sistem pendukung yang memadahi”, terang Bagus.

Selain itu Bagus juga menjelaskan mengenai General MC vs MC for Critical System, Operating System, Development Kit dan Version Control. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari partisipan kepada pemateri. (drn)