Classical Machine Learning

Classical Machine Learning

Masih dalam program 3-in-1, kali ini Program Studi Teknik Komputer (Prodi Tekkom), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan Guest Lecture (Kuliah Tamu) dengan pemateri Professor Hiroki Tamura dari Departement of Environmental Robotics, Faculty of Engineering, University of Miyazaki pada hari Jum’at (8/10/2021) secara daring melalui Zoom. Kali ini Prof. Tamura memberikan materi mengenai Classical Machine Learning, dengan dipandu Hurriyatul Fitriyah, ST., M.Sc. selaku moderator. Partisipan dari kuliah tamu ini sebanyak 90 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen FILKOM dan Faculty of Engineering, University of Miyazaki, Jepang.

Mengawali acara sambutan secara langsung disampaikan Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D. selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika. Beliau menyampaikan terima kasih atas kesediaannya untuk hadir dalam membagikan ilmu kepada mahasiswa FILKOM, serta berharap Kerjasama anatra FILKOM UB dengan University of Miyazaki akan terus berlanjut dan berkembang dalam berbagai aspek dan program.

Selanjutnya paparan materi dari Professor Hiroki Tamura, yang di awal menjelaskan mengenai welfare robot & interface dimana dengan menggunakan metodologi eye tracking, brain machine interface dan simple biological signals. Eye tracking merupakan pergerakan dan posisi mata yang dideteksi oleh alat eye tracker untuk melakukan penelitian sistem visual, psikologi, dan desain produk. Kemudian brain machine interface diartikan jalur komunikasi langsung antara otak yang disempurnakan atau kabel dan perangkat eksternal. Banyak sekali produk dari hasil welfare robot & interface yang bertujuan positif dimana dapat membantuk seseorang disabilitas dalam kegiatan sehari-harinya, seperti mesin yang menopang Dr. Stephen Hawking.(drn)