Pelatihan Sistem E-Learning Berbasis Moodle untuk Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang

Pelatihan Sistem E-Learning Berbasis Moodle untuk Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang

Grup Riset Jaringan Berbasis Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dimana hari kedua (23/8/2021) menjadi Pelatihan Sistem E-Learning Berbasis Moodle untuk Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang.

Paparan hari kedua ini, yang pertama disampaikan oleh Dany Primanita Kartikasari, S.T., M.Kom, dengan menjelaskan impelentasi Moodle pada layanan Cloud Computing. Mododle merupakan salah satu layanan untuk pembelajaran yang tidak terbatas pada jenjang Pendidikan tertentu dan memang bertujuan sebagai penyambung hubungan antara murid/mahasiswa dengan guru/dosen dan manajemen di sekolah/kampus. pembuatan tools dari Moodle didasari dari meknisme pembelajaran di sekolah dan sudah dikembangkan sebelum adanya pembelajaran online pada saat pandemi saat ini.

Moodle juga bersifat open source sehingga dapat di download secara langsung di download.moodle.org dan ada versi terbaru yang dapat disesuaikan dengan spesifikasi dari PC/laptop yang kita miliki. setelah di download hal yang perlu diperhatikan adalalah dengan membuat database dan membuat user dan passwoed dengan permissionnya. Sementara untuk pelatihan Moodle dipraktikkan langsung oleh Joni Setiawan salah satu perwakilan guru SMK di Kota Malang.(drn)