Peneliti Bidang TI Antusias Ikuti Konferensi Ilmiah FILKOM UB 2021

Peneliti Bidang TI Antusias Ikuti Konferensi Ilmiah FILKOM UB 2021

  

Ratusan peneliti bidang Teknologi Informasi (TI) dari dalam dan luar negeri ikut ambil bagian dalam dua konferensi ilmiah yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada 13 September 2021. Kedua konferensi ilmiah yang diselenggarakan secara daring tersebut adalah 6th International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET 2021) dan Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN 2021).

Tema dari SIET tahun ini yaitu “Sustainable Information Engineering and Technology : Innovation For Smart Societies”. Penelitian yang dapat diikutsertakan dalam SIET mencakup berbagai topik dalam bidang smart systems, domain specific frameworks and applications, serta models, methods and techniques. Pada tahun ini tercatat 90 judul publikasi yang masuk dan 65 publikasi yang diterima di SIET 2021, dengan jumlah author per judul publikasi adalah dua hingga tujuh orang.

Sementara itu SENTRIN 2020 mengangkat tema “Inovasi dan Rekayasa Teknologi Informasi Untuk Masa Depan Indonesia”. Diskusi ilmiah pada SENTRIN mencakup topik dalam bidang Strategi, Model Bisnis, dan Sosioteknikal Media sosial/Sharing Economy, Fintech, Block chain, dan Teknologi Muktahir, Data Mining, Smart Systems dan Artificial Intelligence, Technology Enhanced-Learning & Pendidikan TI/SI. Tercatat 34 judul diterima di SENTRIN 2021. Masing-masing judul publikasi terdiri atas dua hingga empat orang author.

Pada pembukaan, Dekan FILKOM Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. menyampaikan bahwa SIET 2021 akan menghadirkan yang terbaik dalam hal peneliti, teknologi dan ilmu pengetahuan pada skala internasional untuk menjalin kemitraan dan kerjasama, dan untuk berbagi kemajuan penelitian antara universitas, institusi, pemerintah, dan industri kecil hingga besar untuk maju ilmu pengetahuan dan teknologi.

Universitas Brawijaya is one of the major universities in Indonesia, which has always been committed to implement its vision to become outstanding world-class university, and is able to play an active role in nation building, through a process of education, research and community service. Faculty of Computer Science is the youngest faculty in Universitas Brawijaya, thus, this international conference will be special event to increase our contribution to international research community”, ungkap Wayan dalam sambutannya.

Untuk diketahui pada SIET dan SENTRIN 2021 ini, FILKOM UB juga menghadirkan tiga orang pakar IT sebagai keynote speaker. Mereka adalah Prof. Kang Li dari University of Leeds, UK, Dr. Babak Abedin dari Macquarie University, Australia, dan Dr. Eng. Motaz Sabri dari Ridge-I, Japan.(drn)