Kunjungan Dekan Ke Lokasi KKN Mahasiswa FILKOM

Kunjungan Dekan Ke Lokasi KKN Mahasiswa FILKOM

Selasa, (14/9/2021) Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. Melakukan kunjungan ke ke lokasi KKN mahasiswa FILKOM khususnya di Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir dan Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Kunjungan kali ini ditemani oleh pimpinan Dekanat (Wakil Dekan I, II, dan III), Ketua Prodi Teknologi Informasi dan Ketua Prodi Pendidikan Teknologi Informasi.

Dalam kunjungan pertama yang berada di Desa Sitirejo, rombongan FILKOM disambut langsung oleh Camat Wagir yaitu Hendra Tritjahjono, S.Sos, M.Si. di kantor Kecamatan Wagir.
“Saya mewakili warga berterima kasih kepada mahasiswa dan dosen dalam memberikan pengabdian kepada desa Sitirejo, khususnya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dengan perkembangan tekait kebutuhan IT tentunya kami sebagai pemerintah sangat mendukung dengan program yang digagas oleh mahasiswa FILKOM” ujar Hendra dalam sambutannya.

Hendra juga menyampaikan, melalui program KKN, mahasiswa dirasa dapat membantu melancarkan program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah khusunya di kecamatan Wagir dan Kantor Desa Sitirejo untuk membenahi proses administrasi desa dan membantu produk-produk yang dihasilkan oleh desa khusunya UMKM yang ada di desa tersebut.

Sambutan kedua disampaikan oleh Dekan FILKOM, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D.

“Kami memohon maaf untuk kunjungan terlambat yang dilakukan saat ini karena kebijakan PPKM darurat sebelumya, dan saya juga berterima kasih karena sudah menerima mahasiswa agar dapat melaksanakan KKN di Wilayah Wagir”, ujar Wayan mengawali sambutannya.

Perlu diketahui, kegiatan KKN ini merupakan pengalaman baru dan pertamakali diselenggarakan di FILKOM. Di satu sisi, isu-isu yang akan diangkat dari kegiatan KKN FILKOM adalah mengurangi kesenjangan digital antara masyarakat di desa dengan masyarakat di kota dengan bantuan dari pemerintah setempat untuk mengetahui kebutuhan warganya yang nantinya program dari mahasiswa dapat diimplementasikan sehingga masyarakat di desa lebih paham akan IT dan teknologi. Selain itu, kegiatan kunjungan dari Dekan ini juga bertujuan untuk mengetahui progres dari program yang dibuat oleh mahasiswa Filkom untuk membantu pelayanan publik khususnya di bidang teknologi dan informasi.

Kunjungan kedua, rombongan FILKOM berada di desa Ngijo dan disambut langsung oleh Kepala Desa Ngijo, Mahdi Maulana. Sama halnya seperti kunjungan pertama, Dekan FILKOM juga menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih untuk diterimanya mahasiswa FILKOM dalam melaksanakan kegiatan KKN di Desa Ngijo. Serta menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan KKN yang diselenggarakan oleh FILKOM kemudian dilanjutkan dengan paparan dari kelompok KKN di desa Ngijo mengenai progres dari program yang direncanakan.

Dengan mengikuti kegiatan KKN, mahasiswa diharapkan akan memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat serta dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik. Keberhasilan program kegiatan diukur dari sejauh mana mahasiswa mempunyai pemahaman permasalahan yang ada dalam masyarakat, mencari alternatif solusinya, melakukan sosialisasi, komunikasi, dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk merealisasikan solusi yang dipilihnya.(drn)