Pengembangan program CAT di BKPSDM Pemkab Malang oleh FILKOM UB

Pengembangan program CAT di BKPSDM Pemkab Malang oleh FILKOM UB

Salah satu kegiatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten Malang (BKPSDM Pemkab. Malang) adalah menyelenggarakan tes secara terkomputerisasi di laboratorium Computer Assisted Test (CAT). Dari pengambilan data awal, diketahui bahwa pihak BKPSDM Pemkab. Malang memiliki beberapa kendala terkait sistem yang berjalan saat ini. Dosen bersama dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang tergabung dalam tim pengabdian kepada masyarakat melakukan kegiatan pengembangan aplikasi CAT. Kegiatan telah dimulai sejak bulan Mei 2024, dimana pengembangan aplikasi CAT terdiri atas 3 tahap, yaitu: UX research and design, Software configuration dan Software deployment and testing.
Tim FILKOM UB terdiri atas tiga dosen, yaitu Agi Putra Kharisma, S.T., M.T., Aryo Pinandito, S.T., M.MT., Ph.D., dan Eriq Muhammad Adams Jonemaro, S.T., M.Kom, serta tujuh orang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, yaitu Hanidura Ayatulloh (‘22), Ayudia Jayanti (‘22), Theresia Artha Putri Sitorus (‘22), Farel Rakha Dzakwan (‘22), Arif Rama Putra Said (‘21), Abiyyu Kumara N. (‘22), dan Muhammad Hemas Julang Arrasy (‘21).

Tahap UX research and design dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan pada tiga orang narasumber, yaitu pejabat Pranata Komputer Ahli Muda, Pranata Komputer Ahli Pertama, dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian. Dari hasil wawancara, diketahui beberapa permasalahan utama yang akan diselesaikan oleh tim pengabdian, yaitu memuat soal yang berisi gambar, memuat soal essay, mengatur dan setting pembobotan nilai yang berbeda untuk setiap soal, mengacak soal sekaligus jawabannya, melakukan penandaan pada soal yang belum dan masih ragu untuk dijawab, menampilkan skor/nilai secara akurat (hanya total jawaban yang benar) dan perbaikan pada fitur atribut peserta yang kurang lengkap agar tidak terjadi kendala adanya peserta yang tertukar karena memiliki nama sama.
Tahap berikutnya adalah software configuration. Kegiatan ini dilakukan pada 19 September 2024 di Laboratorium CAT BKPSDM Pemkab. Malang. Berdasarkan pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki sebagai civitas akademika UB dalam menggunakan e-learning, yaitu BRONE, maka tim pengabdian sudah terbiasa dengan sistem berbasis Moodle. Tim memutuskan untuk melakukan konfigurasi Moodle sehingga dapat sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh mitra. Proses konfigurasi dilakukan di Laboratorium CAT BKPSDM Pemkab. Malang dengan arsitektur 1 server dan sekitar 40 client. Karena server menggunakan sistem operasi Windows, maka tim memutuskan untuk menggunakan WampServer untuk Apache, PHP, dan MySQL. Proses berikutnya adalah software deployment dan testing untuk mengetahui kinerja dari hasil konfigurasi sebelumnya.

“Secara umum kegiatan berjalan dengan lancar dan memunculkan banyak ide baru yang mungkin dapat direalisasikan pada kegiatan-kegiatan berikutnya. Harapannya dari hasil kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi mitra,” laporan Agi selaku ketua tim. (apk/rr)