Kolaborasi Industri lanjut FILKOM UB dan PT. Petrokimia Gresik

Kolaborasi Industri lanjut FILKOM UB dan PT. Petrokimia Gresik

Perwakilan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Ir. Issa Arwani, S.Kom, MSc., selaku Kepala Departemen Sistem Informasi dan Tibyani, S.T., MT., ketua Tetenger Bumi UB menindaklanjuti nota kesepahaman antara PT. Petrokimia Gresik dengan Universitas Brawijaya (UB) tentang kerjasama penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi. Pembahasan nota kesepahaman ini dilaksanakan pada Selasa (03/09/2024) di Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Tahun 2023, PT PETROKIMIA GRESIK memberi UB dalam kegiatan MMD 1000 Desa tanaman buah buahan sebanyak 1000 bibit pohon ditanam di Kabuten Nganjuk, Bojonegoro dan Madiun (https://kanal24.co.id/tetenger-bumi-ub-tanam-ribuan-pohon-serentak-di-berbagai-daerah-jatim/#google_vignette). Tahun 2024 sebanyak 1320 bibit pohon di desa Kasembon. (https://prasetya.ub.ac.id/en/komitmen-mmd-filkom-di-desa-kasembon-untuk-menjaga-kelestarian-lingkungan/.),

Pada kesempatan ini PT. Petrokimia diwakili oleh, Soraya Anggun Puspitasari selaku Assistant Vice President (AVP) Pemberdayaan Masyarakat, Adityo Wibowo selaku Secretary Vice President (SVP) Sekretaris Perusahaan dan Kadek Ardhika Widya Kresna selaku Vice President (VP) Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan.

“Kolaborasi industri ini untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) FILKOM UB dan juga merupakan komitmen Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Petrokimia pada lingkungan hidup. Kolaborasi ini diharapkan dapat berlanjut untuk jangka panjang,” jelas Tibyani

Beberapa kesepakatan pada pertemuan ini adalah, pertama melanjutkan hubungan baik yang telah terjalin sebelumnya. Kedua, 1.000 bibit di tahun 2023 dan 1.240 bibit pohon di tahun 2024 yang telah diserahkan ke FILKOM UB. Ketiga, direncanakan untuk pengembangan modul dan juga praktik pada mata kuliah Internet of Things (IoT). Keempat, diskusi lanjutan untuk bentuk kerjasama pembangunan laboratorium IoT Bersama yang ditujukan sebagai sarana belajar mahasiswa FILKOM UB dan pelaksanaan program pemberdayaan Masyarakat PT Petrokimia Gresik. Kelima, bentuk kerjasama lainnya yang telah berjalan di PT Petrokimia Gresik dengan Universitas Brawijaya dan dapat dilaksanakan oleh mahasiswa diantaranya dalam bentuk : a. Magang industry dan b. Skripsi. Keenam, FILKOM UB siap membantu program Tawangargo Smart-Eco Farming Village (TAMENG). Program binaan baru milik PT. Petrokimia Gresik, sentra pertanian modern di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Program ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. Petrokimia Gresik. Program yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas cabai melalui pendekatan Climate Smart Agriculture, mengatasi tantangan perubahan iklim yang sering menjadi kendala dalam budidaya cabai.

Bentuk kerjasama nota Kesepahaman antara PT Petrokimia Gresik dengan Universitas Brawijaya tentang Kerjasama Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi ini berlaku sampai dengan 2026. Komitmen bersama FILKOM UB dan PT. Petrokimia adalah memberikan yang terbaik dan memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan berkelanjutan bagi Republik Indonesia tercinta, FILKOM FOR SOCIETY!. (tiby/rr)