FILKOM UB Adakan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Sistem Informasi

FILKOM UB Adakan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), mengadakan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI). Asesmen yang berlangsung selama dua hari (1/7-2/7/2024), dilaksanakan di Auditorium Algoritma Gedung G, lantai 2. Asesmen Prodi SI ini dihadiri oleh dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM), yaitu :  Prof. Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. dari Institut Pertanian Bogor dan Dr. Ririn Dwi Agustin, S.T., M.T. dari Universitas Pasundan Bandung.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D.. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 4038/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019, Prodi SI, telah terakreditasi dengan peringkat A dan akan habis masa akreditasi di 24 Oktober 2024. Persiapan untuk pengajuan akreditasi Prodi SI telah dilakukan di awal 2024 agar education quality yang telah baik dapat terus dipertahankan, ditingkatkan dan memberikan yang terbaik bagi stakeholder. Pada sambutan kedua oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UB, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP., beliau menyampaikan bahwa FILKOM UB termasuk salah satu fakultas termuda di UB tetapi telah membuktikan kinerja profesional selama 12 tahun di usianya. Mobilitas tinggi dan profesionalisme FILKOM selama ini telah terbukti, dengan tingginya minat pendaftar pada Prodi di FILKOM UB. (https://prasetya.ub.ac.id/51-1-persen-pendaftar-snbt-ub-didominasi-jatim/). Selanjutnya adalah arahan dari asesor LAM INFOKOM, terkait pemeriksaan berkas akreditasi Prodi SI untuk pemenuhan persyaratan kelayakan akreditasi.

Agenda kegiatan asesmen pada hari pertama diawali dengan peninjauan fasilitas yang berada di FILKOM UB oleh kedua asesor di dampingi oleh jajaran dekanat. Agenda dilanjutkan dengan pemeriksaan berkas kriteria C dan kriteria D (Suplemen Prodi). Pada hari pertama juga dilaksanakan wawancara dengan dosen dan tenaga kependidikan, mahasiswa.

Asesmen pada hari kedua diawali wawancara dengan alumni dan pengguna lulusan yang dilakukan secara hybrid. Akhirnya agenda terakhir di hari kedua ditutup dengan penandatanganan berita acara dan penyampaian umpan balik serta saran pembinaan dari asesor LAM INFOKOM. (rr/ds)