FILKOM UB Meraih Juara di LIDM Nasional 2024

FILKOM UB Meraih Juara di LIDM Nasional 2024

Pada acara Penutupan dan Penganugerahan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) tahun 2024 diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Rabu,12 Juni 2024. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), melalui tim DION Project yang diketuai oleh delegasi mahasiswa, Raihan Adi Prakoso (Teknik Komputer ‘21) beranggotakan Roiyan Zain Rofiif (Teknik Informatika ‘21), Alifia Lintang Istiqomah (Sistem Informasi ‘21), dan Rahmada Zulvia Azzahra Hawari (Teknik Informatika ‘21), berhasil meraih prestasi membanggakan dengan meraih Juara 2 pada Divisi III : Video Digital Pendidikan (DION PROJECT – INTAN). LIDM adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Melalui karya mereka berjudul Intan, video berdurasi pendek 5.10 menit ini menceritakan tentang seorang siswa yang bernama Intan yang baru saja lulus SMP. Ia merasa terjebak dalam dua pilihan yang mempengaruhi masa depannya. Di satu sisi, dorongan orang tuanya untuk menikah membuatnya bingung, sementara di sisi lain keinginannya ingin menjadi dokter mengharuskannya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA. Dan setelah dilihatkan dengan permasalahan yang dialami temannya yang memilih pernikahan dini daripada sekolah, Intan semakin yakin untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. DION Project berhasil bersaing dengan 405 tim dari berbagai universitas hingga mencapai babak final.

Selaku dosen pembimbing, Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. menyampaikan bahwa, kemenangan dan juga keberhasilan ini bukan hasil yang instan. Selama proses pendampingan dan juga bimbingan pada tim DION Project, persiapan panjang telah dilakukan sebelum kompetisi LIDM 2024 dibuka. Kerja keras setiap anggota, proses editing video yang melelahkan dan komunikasi intens membuat karya tim DION Project memang layak menjadi juara.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom., yang turut mendampingi kontingen selama di IPB, menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sangat bangga dengan prestasi ini. Beliau menyampaikan bahwa dedikasi dan kerja keras seiring dengan prestasi yang diraih. Terimakasih dan selamat kepada ananda Raihan Adi Prakoso, Roiyan Zain Rofiif, Alifia Lintang Istiqomah dan Rahmada Zulvia Azzahra Hawari atas prestasi yang membanggakan dan membawa harum nama FILKOM dan Universitas Brawijaya. Selain itu beliau juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan sebesar besarnya kepada dosen pembimbing dan mahasiswa/i yang telah berjuang memberikan terbaik untuk divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan, Microteaching Digital, Video Digital Pendidikan dan Poster Digital Pendidikan, masih ada kesempatan untuk meraih yang terbaik di lain waktu. FILKOM For Society. (rr/rap)