FILKOM UB Evaluasi Bersama Progres Kerjasama dan Diskusi Perpanjangan MoU antara Kyutech Jepang dan Universitas Brawijaya

FILKOM UB Evaluasi Bersama Progres Kerjasama dan Diskusi Perpanjangan MoU antara Kyutech Jepang dan Universitas Brawijaya

Profesor Chikamune Wada dari Kyushu Institute of Technology (Kyutech), Kitakyushu, Fukuoka, Jepang mengunjungi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) untuk Evaluasi Bersama Progres Kerjasama dan Diskusi Perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kyutech Jepang dan Universitas Brawijaya. Prof. Wada yang ahli dalam bidang Assistive Technology for Disabled and Elderly hadir sebagai tamu khusus mewakili Kyutech Jepang yang diselenggarakan di FILKOM UB pada Senin (11/03/2024).

Kegiatan ini dihadiri 2 fakultas, yaitu Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) dan FILKOM UB. FTUB diwakili oleh Ketua International Relations Office (IRO), Prof. Dr. Rini Nur Hasanah, ST., M.Sc.,IPM, Dr. Eng Fauzan Edy Purnomo dan Alumni Kyutech Jepang : Dr. Eng Muhammad Aziz Muslim dan Dr. Eng. Panca Mujiraharjo, sedangkan FILKOM UB diwakili oleh Dekan FILKOM UB : Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., Prof.Dr.Eng. Fitri Utaminingrum, S.T., M.T., Grup Riset Computer Vision, Ketua IRO FILKOM UB, M. Ali Fauzi, S.Kom., M.Kom., Ph.D.. dan Tibyani, S.T., M.T. Person In Charge (PIC) acara ini, Ketua Tetenger Bumi UB serta Anggota Laboratorium Learning Technology FILKOM UB.

Kegiatan  ini dilaksanakan terkait dengan Progres Kerjasama FILKOM UB dengan Enam Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Jepang (https://filkom.ub.ac.id/2019/02/28/filkom-ub-jalin-kerjasama-dengan-enam-perguruan-tinggi-di-jepang/) dan Kegiatan Kuliah Tamu di FILKOM UB oleh Prof Wada dari Kyutech Jepang (https://filkom.ub.ac.id/2018/10/23/kuliah-tamu-introduction-of-assistive-research-for-disabled-and-elderly/)

Evaluasi Bersama meliputi :

  1. Kuliah Tamu di FILKOM UB oleh Prof Wada (Kamis, 18/10/2018).
  2. Penandatanganan MoU antara FILKOM UB dan Graduate Program Department of Human Intelligence System, Kyutech Japan (22/02/2019)
  3. Karin Kanemura, Graduate Program Department of Human Intelligence System, Kyutech supervised by Prof Chikamune Wada Kyutech Program student exchange selama satu bulan di  FILKOM UB. (19/9/2019 – 18/10/2019)
  4. Prof Wada memberi rekomendasi kepada Rio Arifando, S.Kom., M.Kom., Alumni S1 dan S2 FILKOM UB, untuk melanjutkan program doktor di Kyutech Japan (MEXT), Oktober 2021 dan akan menyelesaikan studi di Oktober 2024 (21/01/2021)
  5. Tim dosen FILKOM UB, Dosen Berkarya membuatkan web untuk KYUTECH “Design Of Website Technopreneurship In Elderly And Disabled Information Technology Assistive Technology” (21/11/2021)
  6. Akari Mizuno, student of Graduate ProgramDepartment of Human Intelligence System, Kyutech supervised by Prof Chikamune Wada one month student exchange at Filkom UB. International Mind Reinforcement Program (19/11/2022 – 20/12/2022)
  7. Prof Wada memberi rekomendasi kepada mahasiswa Krisna, S.Kom., M.Kom., Alumni S1 dan S2 Filkom UB, melanjutkan program doktor di Kyutech Japan (MEXT), will start At October 2024

Penandatanganan MoU antara FILKOM UB dan Graduate Program Department of Human Intelligence System, Kyutech, Jepang (22/02/2019) bersifat Fakultas ke Fakultas (Faculty to Faculty). Sedangkan untuk perpanjangan MoU untuk lima tahun ke depan bersifat Universitas ke Universitas (University to University). UB Indonesia diwakili oleh FILKOM UB dan FTUB, Kyutech Jepang akan diwakili oleh minimal 3 Profesor dari Kampus Wakamatsu, Tobata dan Izuka Kyushu Institute of Technology (Kyutech) Jepang.

Sejak 2018 telah terjalin kerjasama terkait program pendidikan mahasiswa dan dosen pengajar. Setiap tahun FILKOM UB aktif dan rutin mendatangkan pengajar/profesor dari Kyutech Jepang untuk Penelitian, Pengajaran dan Pendidikan di FILKOM UB dan di Kyutech Jepang. Kegiatannya meliputi Pengiriman Staf Pengajar, mahasiswa untuk pertukaran mahasiswa dan Alumni FILKOM untuk Belajar Doktor di Kyutech. Selain itu Program Kuliah Tamu, 3 in 1 Visiting Professor UB, Dosen Berkarya UB, Pembimbingan mahasiswa S1, S2, S3 UB oleh Professor Kyutech Jepang serta Pertukaran Pelajar antar Universitas dan Fakultas. Kerjasama ini juga merupakan bentuk peningkatan kualitas pendidikan dan kemitraan global bagi kedua belah pihak.

Dekan FILKOM UB menyampaikan sambutan yang baik terkait kerjasama yang telah dijalin FILKOM UB dengan Kyutech Jepang.

Progres yang sangat baik dan perlu untuk terus ditingkatkan. Program pertukaran mahasiswa, dosen pengajar perlu terus dijalin. Kegiatan riset dan penelitian perlu disiapkan juga untuk memaksimalkan kerjasama ini.” jelas beliau.

Banyak sekali program yang dapat dilanjutkan dan ditingkatkan dalam proses kerjasama ini. Untuk lebih jelas bisa berhubungan dengan PIC Kegiatan ini : Tibyani HP. 082245553609 atau email : tibyani@ub.ac.id [Tiby/rr]