Penjajakan Kerjasama FILKOM UB dengan Universität Paderborn Germany

Penjajakan Kerjasama FILKOM UB dengan Universität Paderborn Germany

Malang, 7 Maret 2024 – Departemen Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (DTIF FILKOM UB) melakukan penjajakan kerjasama dengan Universität Paderborn Germany, yang diwakili oleh Prof. Marco Platzner dari Computer Science Department pada selasa-kamis (4-7/3/2024) kemarin. Berkunjung ke FILKOM UB, Prof. Marco Platzner disambut dengan antusias oleh jajaran pimpinan fakultas dan departemen Teknik Informatika.

Marco Platzner adalah Profesor Teknik Komputer di Universitas Paderborn. Sebelumnya, ia menjabat di posisi penelitian di Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan di ETH Zurich, Swiss, Laboratorium Sistem Komputer di Universitas Stanford, Amerika Serikat. Penjajakan kerjasama ini diawali saat Prof. Platzner menjadi asesor akreditasi internasional AQAS tahun 2022 untuk FILKOM UB. Komunikasi intens dilanjutkan oleh kepala program studi Teknik Komputer Barlian Henryranu Prasetio, S.T., M.T., Ph.D. dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Komputer Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng.,Ph.D yang akhirnya menyelenggarakan kegiatan 3in1 Guest Lecture pada tahun 2023 dengan tema kuliah Computer System Engineering di FILKOM UB. Prof. Platzner tertarik untuk memahami lebih dalam tentang FILKOM UB, terutama di bidang rekayasa komputer di program studi Teknik Komputer dan Teknik Informatika, baik untuk jenjang sarjana maupun magister.

Dalam kunjungannya, Dekan FILKOM UB Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D.  menyambut baik penjajakan kerjasama ini dan berharap dapat melakukan kerjasama riset lebih lanjut antara FILKOM UB dan Paderborn University. Ketua Departemen Teknik Informatika Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D. juga menyambut baik penjajakan ini, dan menyampaikan peluang untuk pertukaran mahasiswa dan kelas pengajaran bersama di FILKOM UB.

Hasil dari penjajakan ini menyepakati akan adanya program pertukaran mahasiswa sarjana antara kedua pihak, serta penjajakan Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengembangkan dan membuka peluang untuk mengembangkan kerjasama lainnya guna mendorong kemajuan bersama di bidang pendidikan dan riset. (edw)