Program Studi Teknik Informatika FILKOM UB Berhasil Meraih Pendanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)

Program Studi Teknik Informatika FILKOM UB Berhasil Meraih Pendanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)

Program Studi Sarjana Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (PS S1 TIF FILKOM UB) berhasil meraih pendanaan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. PS S1 TIF telah selesai melewati proses Verifikasi Kelayakan (VK) yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 23-24 Februari 2024. PS S1 TIF bersama 2 PS lain di UB yaitu PS S1 Biologi (FMIPA) dan PS S1 Ilmu Kelautan (FPIK) disetujui melaksanakan PKKM di tahun 2024.

PKKM ditujukan untuk memfasilitasi inisiasi transformasi pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui kerjasama erat dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan top world class universities (QS100 by subject). Program ini juga ditujukan untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi dengan memfasilitasi aspirasi, inovasi, dan semangat sivitas akademika dalam merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dinamika kehidupan masyarakat yang terjadi.

 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sejak tahun 2021 telah mengembangkan PKKM dengan 3 (tiga) liga, dimana Universitas Brawijaya (UB) berada di posisi persaingan utama yaitu Liga 1.  dimana diharapkan UB telah memiliki landasan yang kuat untuk melakukan loncatan aksi dalam melakukan transformasi perguruan tinggi pada level internasional berdasarkan niche masing-masing perguruan tinggi, sehingga PKKM Liga I diharapkan mempercepat program studi untuk mencapai kinerja yang diakui di tingkat internasional.

PS S1 TIF UB pada proses PKKM diwakili oleh ketua program studi Eko Sakti Pramukantoro, S.Kom., M.Kom., Ph.D., dengan arahan langsung dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr.Eng Ir. Herman Tolle, S.T., M.T. dan Ketua Departemen Teknik Informatika, Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D. dan didampingi oleh Ali Fauzi, S.Kom., M.Kom., Ph.D. dan Aswin Suharsono, S.T., M.T., beserta dosen dan tenaga kependidikan yang mendukung penuh kebutuhan kegiatan tersebut hingga sampai di proses verifikasi kelayakan (VK)

PS S1 TIF FILKOM UB melalui Program Hibah PKKM ini berharap akan lebih banyak mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran luar kampus yang berkontribusi pada peningkatan kompetensi mahasiswa serta meningkatkan relevansi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) agar lulusan PS S1 TIF FILKOM UB lebih sesuai dengan yang diharapkan pasar. Serta peningkatan kompetensi, kinerja, dan kontribusi PS S1 TIF FILKOM UB melalui dosen dan mahasiswa serta sarana pendukung pembelajaran lainnya yang pada akhirnya berdampak positif pada pencapaian IKU dan IKT PS S1 TIF FILKOM UB, serta peningkatan reputasi dan rekognisi prodi di lingkup nasional maupun internasional. (edw)