Peringatan Hari Ibu Ke-95 dan Ulang Tahun Dharma Wanita Ke-24 DWP UB

Peringatan Hari Ibu Ke-95 dan Ulang Tahun Dharma Wanita Ke-24 DWP UB

Dharma Wanita Persatuan Universitas Brawijaya (DWP UB) memperingati hari ibu ke-95 dan Ulang Tahun Dharma Wanita Ke-24 pada Kamis (14/12/2023). Acara diselenggarakan di Aula Auditorium Gedung G lantai 2 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Ny. Fiska Mangku Purnomo selaku Ketua Pelaksana dan Ketua DWP Fakultas Pertanian (FP) menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Ibu dan Ulang Tahun Dharma Wanita tahun ini diselenggarakan beberapa kegiatan meliputi talkshow, lomba menghias kue, pelatihan barista dan pemberian santunan bagi penyandang disabilitas dhuafa.

Kegiatan talkshow menghadirkan dua narasumber yaitu Arumi Bachsin, S.E. selaku istri Wakil Gubernur Jawa Timur dan Olivia Anggraeny, S.Gz., M.Biomed. selaku ahli gizi sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran UB. Dalam kesempatan itu Arumi berbagi informasi dan pengalaman tentang bagaimana peran perempuan dalam pembangunan berkelanjutan. Sementara itu Olivia berbagi wawasan tentang gizi keluarga. Beliau membahas tentang bagaimana mendeteksi anggota keluarga yang kekurangan atau kelebihan gizi, bagaimana komposisi gizi seimbang yang perlu disiapkan untuk konsumsi keluarga sehari-hari dan lain sebagainya.

“Jadi sekarang jangan lagi bilang 4 sehat 5 sempurna, karena susu sudah dimasukkan dalam kategori protein hewani. Saat ini sudah berkembang dan disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang atau biasa disebut juga Tumpeng Gizi”, jelas Olivia.

Sementara itu untuk kegiatan lomba menghias kue diikuti oleh seluruh perwakilan dharmawanita dari 18 fakultas yang ada di UB. Juri yang dihadirkan adalah praktisi di bidang pembuatan kue dari Java Sugar, tenaga pengajar di bidang tata boga dari SMK Cor Jesu dan perwakilan dari DWP UB. Adapun penilaian atas lomba ini meliputi penampilan, kebersihan, kesesuaian dengan tema, kreativitas, rasa, kecukupan gizi dan juga besaran pembiayaan. Dalam lomba ini peserta diberikan waktu selama 45 menit untuk menghias kue yang telah disediakan oleh panitia, dengan tema “Kue untuk Ibu”. Peserta diperbolehkan menggunakan bahan apapun dengan besaran budget maksimal Rp.200.000,- dan harus dikerjakan semua di lokasi. Untuk karya terbaik akan dipilih juara 1, 2 dan 3.

Untuk acara pelatihan barista sengaja diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Pelatihan ini dihadiri oleh 15 ABK beserta pendamping. Ny. Fiska Mangku Purnomo menyampaikan bahwa ide awal tercetusnya mengadakan pelatihan ini adalah karena beliau mendengar cerita kekhawatiran temannya yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Sulit bagi ABK untuk bisa bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang layak di perusahaan atau institusi-institusi. Oleh karena itu perlu diajarkan keahlian khusus untuk bisa memulai usahanya sendiri, salah satunya seni meracik kopi atau barista. Pemateri yang dihadirkan adalah Bintar Probo Sunarto selaku Dosen Fakultas Pertanian yang juga merupakan petani kopi dan pemilik usaha “Kopi Tani”.

Harapannya dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan ini dapat menambah wawasan ibu-ibu DWP UB, terutama tentang pentingnya peran perempuan dalam pengembangan berkelanjutan bagi tanah air tercinta. [dna]